Breaking News:

Opini

Pinjaman Online dan Fungsi OJK

Pinjamaan online adalah pinjaman yang dilakukan oleh badan hukum atau perorangan yang meggunakan aplikasi teknologi digital dan mendapat izin OJK

Editor: Suryana Anas
DREAMSTIME
Ilustrasi pinjaman online (pinjol) 

Tadjuddin Rachman SH MH Law Firm

Advokat senior

* Tulisan ini disalin dari postingan di akun Facebook Tadjuddin Rachman dan Tribun-Timur.com telah mendapatkan izin untuk menayangkan ulang.

PINJAMAN online atau pinjol adalah pinjaman yg dilakukan oleh badan hukum atau perorangan yang menggunakan aplikasi teknologi digital melalui jaringan internet dan mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ) RI.

Otoritas Jasa Keuangan adalah lembaga pengawas dan pemberi izin terhadap jasa keuangan baik melalui secara manual maupun melalu aplikasi teKnologi digital melalui internet yang didiririan berdasarkan UU Nomor 21 Tahun 2011.

Dengan demikian, maka semua jasa keuangan atau jasa keuangan dalam bentuk apa pun namanya harus mendapat izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan RI ( OJK ).

Jadi apabila ada pengusaha perorangan atau badan hukum yang bergerak di bidang jasa keuangan dalam bentuk apa pun dan nama apa pun di Indonesia, jika tidak mendapat izin dari OJK maka itu berarti pelaku usaha jasa keuangan yang bersangkutan dianggap tidak sah atau ilegal.

Dengan begitu, maka pertanyaan yang muncul mengapa ada lembaga jasa keuangan yang beroperasi tanpa ada izin dari lembaga yang berwenang?

Apakah OJK lalai atau memang tidak melakukan tugasnya sebagaimana mestinya atau kah memang tidak berfungsi sesuai atauran perundang-undangan yang mengatur tugas dan fungsi OJK.

Pertanyaan ini muncul karena akhir-akhir ini sangat marak terjadinya dugaan penipuan dan pemeresan dengan kekerasan yang dilakukan oleh pengusaha pinjaman online dengan cara mengiming-imingi calon nasabah dan debiturnya melalui iklan mediia sosial, seperti Facebook dan Instagran serta WhatsApp (WA) dengan memberikan cara yang gampang dan segera cair tanpa menggunakan jaminan.

Cerita Donna yang Gugat Presiden Joko Widodo Usai Dipecat Gara-gara Pinjol

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved