Breaking News:

Tribun Wajo

4 Kecamatan di Wajo Layak Lakukan Pemekaran Desa, Penuhi Syarat Jumlah Penduduk 3 Ribu Jiwa / Desa

Isu pemekaran desa disejumlah kecamatan merebak pada diskusi publik yang digelar Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wajo

Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan | Editor: Sudirman
TRIBUN-TIMUR.COM/HARDIANSYAH
Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wajo menggelar diskusi publik, Jumat (26/11/2021) 

TRIBUNWAJO.COM, SENGKANG - Isu pemekaran desa disejumlah kecamatan merebak pada diskusi publik yang digelar Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wajo, Jumat (26/11/2021).

Diketahui, diskusi publik tersebut mengangkat tema "penataan desa sebagai upaya peningkatan efisiensi pelayanan publik".

Kepala Bidang Pembangunan dan Usaha Ekonomi Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Wajo, Syamsu Alam mengatakan, setidaknya ada beberapa desa di 4 kecamatan yang mendesak untuk dilakukan pemekaran.

"Sejumlah desa memang memungkinkan untuk dimekarkan. Karena kita di Sulawesi, aturannya secara jumlah penduduk itu 3.000 per desa dan 600 KK sudah bisa dibentuk desa baru," katanya.

Empat kecamatan yang dimaksud adalah Kecamatan Majauleng, Kecamatan Keera, Kecamatan Sajoanging, dan Kecamatan Gilireng.

Sementara Camat Majauleng, Eka Jaya Putra mengklaim bahwa Kecamatan Majauleng sudah sangat siap untuk membentuk beberapa desa baru.

"Kami sangat siap. Bahkan, tiap desa induk itu sudah membentuk panitia percepatan pembangunan desa. Termasuk juga di kecamatan," katanya.

Eka menyebutkan, ada 5 desa yang siap untuk dimekarkan.

Artinya, jika usulan tersebut diterima, maka akan ada 5 desa baru di Kecamatan Majauleng.

Kecamatan Majauleng saat ini terdiri dari 18 desa/kelurahan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved