Breaking News:

Kesehatan

Cara Mudah Tidur Nyenyak di Malam Hari

Sama seperti makan, tidur juga penting untuk kesehatan. Bukan hanya kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mental.

Editor: Muh. Irham
grid.id via intisari-oline.com
Ilustrasi Tidur nyenyak. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Sama seperti makan, tidur juga penting untuk kesehatan. Bukan hanya kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mental.

Kurang tidur dapat menyebabkan kelelahan, konsentrasi dan memori yang buruk, gangguan mood, hingga terganggunya koordinasi fisik.

The Sleep Health Foundation merekomendasikan bahwa orang dewasa harus tidur selama 7-9 jam per malam.

Masalahnya, tak semua orang bisa melakukannya dengan mudah. Mulai dari jadwal kerja hingga gangguan tidur yang membuat orang sulit tidur nyenyak.

Oleh sebab itu, penting bagi setiap orang untuk memiliki rutinitas waktu tidur yang baik, untuk membantu kita tertidur lebih cepat, lebih nyenyak, dan membantu kita mendapatkan lebih banyak jam tidur, termasuk mencapai waktu tidur 7-9 jam yang direkomendasikan.

“Rutinitas sebelum tidur dapat terdiri dari berbagai aktivitas menenangkan atau teknik relaksasi, seperti latihan pernapasan, visualisasi, dan teknik otot,” kata Dr. Verena Senn, Neurobiologist dan Head of Sleep Research di Emma The Sleep Company, merek kasur asal Jerman yang saat ini telah masuk ke Indonesia.

Untuk membantu tidur lebih cepat dan lebih nyenyak, Senn merekomendasikan tujuh cara berikut ini:

1. Latih teknik relaksasi dan latihan-latihan yang dapat mengurangi stres

Banyak penelitian menunjukkan, bahwa teknik relaksasi seperti pernapasan, visualisasi dan teknik otot dapat membantu untuk tertidur.

Selain itu, metode relaksasi tradisional seperti Tai chi dan berlatih Mindfulness-Based Stress Reduction (MBSR) membantu untuk menghilangkan stres dan mempermudah untuk tertidur.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved