Breaking News:

Tribun Wajo

Penggiat Literasi Pertanyakan Keseriusan Amran Mahmud Dalam Pengembangan Literasi di Kabupaten Wajo

Menurut Purnawan Dwi, karakter pemerintah hari ini sekadar seremonial belaka terhadap kegiatan-kegiatan pengembangan literasi.

Penulis: Hardiansyah | Editor: Saldy Irawan
Humas Pemkab Wajo)
Bupati Wajo, Amran Mahmud saat memberikan sambutan pada kegiatan Roadshow Pengembangan Kegemaran Membaca yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel, di Hotel Sallo Sengkang, Minggu (21/11/2021). 

TRIBUNWAJO.COM, SENGKANG - Penggiat literasi di Kabupaten Wajo, mempertanyakan komitmen Pemerintah Kabupaten Wajo dalam pengembangan literasi.

Hal itu diungkapkan Pustakawan Sekolah Rakyat, Purnawan Dwi, pasca kegiatan Roadshow Pengembangan Kegemaran Membaca yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel, di Hotel Sallo Sengkang, Minggu (21/11/2021).

Menurut Purnawan Dwi, karakter pemerintah hari ini sekadar seremonial belaka terhadap kegiatan-kegiatan pengembangan literasi.

"Mungkin saja, ini karakter pemerintahan hari ini, atau bahkan sebagian dari kita, yang sukanya ceremonial," katanya.

Purnawan mengambil contoh kasus bahwa di Kabupaten Wajo, tidak ada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang menjadi leading sektor pengembangan literasi.

"Saya pribadi nilai dari satu sisi, mungkin ini adalah salah satu langkah memunculkan kembali dinas perpustakaan. Pak Kabag sempat sampaikan bahwa akan selalu dimasifkan gerakan kecil apapun iti, minimal dijadikan bahan penilaian," katanya.

Bahkan, Purnawan juga menyoroti kehadiran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel di Kabupaten Wajo.

"Orang provinsi juga saya lihat hanya eksistensi dirinya ditonjolkan. Bahkan datang di Wajo cuma cerita kinerjanya di beberapa daerah, tapi Wajo yang jelas-jelas tempat dia sedang cerita tidak diperhatikan," katanya.

Pada awal 2020 lalu, Pemkab Wajo dibawah kepemimpinan Amran Mahmud melakukan perampingan organisasi perangkat daerah (OPD).

Salah satu yang dirampingkan yakni Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, dan hanya dijadikan Bagian di Sekretariat Daerah Kabupaten Wajo.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved