Breaking News:

Hadapi Kuartal ke-4, Pemerintah Waspadai Kebijakan Tapering Off

Pemerintah menggelar siaran pers yang menjelaskan perkembangan pemulihan ekonomi. Menteri Keuangan menyampaikan kondisi terkini pemulihan ekonomi

Editor: Suryana Anas
Tangkapan layar Youtube Sekretariat Negara
Siaran Pers Menteri Keuangan, Sri Mulyani menjelaskan perkembangan pemulihan ekonomi yang ditayangkan melalui kanal youtube Sekretariat Negara, pada Rabu (17/11/21) sore. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Pemerintah  Indonesia menggelar siaran pers yang menjelaskan perkembangan pemulihan ekonomi yang ditayangkan melalui kanal youtube Sekretariat Negara Rabu (17/11/21) sore.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani menyampaikan kondisi terkini pemulihan ekonomi yang telah dibahas dalam sidang kabinet Indonesia Maju.

"Untuk persiapan akhir tahun, pada sidang kabinet dibahas perkembangan ekonomi terkini dan pelaksanaan APBN 2021," ujarnya

Pada Kuartal ke 3, Sri menjelaskan bahwa telah terjadi pemulihan ekonomi pada beberapa sisi seperti permintaan, konsumsi, investasi, impor dan ekspor.

"Di sektoral seperti perdagangan, manufaktur, pertambangan, akomodasi, transportasi, pertanian juga mengalami pemulihan," lanjutnya.

Pemerintah memprediksi bahwa di kuartal ke 4 akan meningkat cukup kuat dikarenakan beberapa indikator.

"Beberapa indikator terjadi peningkatan,seperti ekspor dan impor mencapai 50 %, consumer confidence Index meningkat, retail sales index, serta Purchasing Managers Index (PMI) manufaktur," sambungnya.

Di pasar keuangan, Indonesia juga mengalami penguatan dengan yield surat berharga yang mengalami penurunan dan index harga saham yang mengalami perbaikan.

Perlu diketahui, yield berlawanan arah dari harga, sehingga turunnya yield menunjukkan harga obligasi yang sedang menguat.

"Yield surat berharga kita mengalami perbaikan dengan strep menurun dari US Treasury, pada awal juli 2021 diangka 515 bps, sekarang sudah 449. Untuk harga saham juga mengalami perbaikan," jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved