Breaking News:

LokalBRIcerita

BRI Mudahkan Layanan Keuangan dan Pembiayaan UMKM untuk Bantu Naik Kelas

Data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI (KemenkopUKM) menunjukkan bahwa pada Maret 2021, tercatat jumlah UMKM

Editor: Edi Sumardi
DOK TRIBUN TIMUR
Program podcast #katanone menghadirkan UMKM di kantor Tribun Timur, Jl Cenderawasih, Makassra, Sulsel. Selain #katanone, BRI juga kini berkomitmen membantu UMKM berkembang. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI (KemenkopUKM) menunjukkan bahwa pada Maret 2021, tercatat jumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah ( UMKM ) di Indonesia mencapai 64,2 juta.

Mereka berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto sebesar 61,07 persen atau senilai Rp8.573,89 triliun.

UMKM juga menjadi salah satu sektor yang memiliki peran yang begitu signifikan bagi pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

Mengingat kontribusi UMKM begitu besar, pemerintah pun memfokuskan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan penguatan sektor UMKM, dengan tujuan agar pelaku UMKM dapat bertahan dan terus berkembang di tengah tantangan pandemi.

Untuk mendukung pemulihan ekonomi melalui penguatan sektor UMKM, Bank Rakyat Indonesia ( BRI ) juga turut memberikan kemudahan jangkauan akses layanan keuangan dan pembiayaan kepada para pelaku UMKM untuk membantu mereka berkembang dan naik kelas.

Hal ini pun turut tercermin dari catatan kinerja positif Bank BRI hingga akhir kuartal III-2021, di mana penyaluran kredit pada akhir September 2021 mencapai Rp1.026,42 triliun.

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan, salah satu faktor utama penopang pertumbuhan kredit konsolidasian BRI adalah penyaluran kredit segmen UMKM.

Tak hanya penyaluran kredit, dukungan terhadap sektor UMKM di seluruh penjuru Indonesia juga ditunjukkan melalui cara-cara yang segar nan kreatif.

Hal ini terlihat dalam program LokalBRIcerita, inisiasi BRI bersama Tribun Network.

Bertajuk “LokalBRIcerita, Seribu cerita bangkit dari penjuru Indonesia”, program ini dihadirkan dengan serangkaian kegiatan yang berfokus pada pelaku UMKM.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved