Breaking News:

Politani Pangkep

Tingkatkan Mutu Produk Sari Kurma, Tim DPTM Politani Pangkep Kembangkan Mesin Pemisah Biji Kurma

Tim dosen Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan (PPNP) mengembangkan teknologi tepat guna pembuatan sari kurma di usaha kecil menengah

Editor: Sudirman
PPNP
Tim dosen Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan (PPNP) mengembangkan teknologi tepat guna pembuatan sari kurma di usaha kecil menengah (UKM) Sari Kurma di Desa Cempae, Kabupaten Pinrang. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR – Tim dosen Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan (PPNP) mengembangkan teknologi tepat guna pembuatan sari kurma di usaha kecil menengah (UKM) Sari Kurma di Desa Cempae, Kabupaten Pinrang.

Adapun teknologi tepat guna yang dikembangkan adalah mesin pemisah biji kurma terintegrasi.

Yakni memisahkan biji dengan dagingnya, mesin penyaring, dan mesin sterilisasi sari kurma.

Bahan yang dipakai pada mesin ini adalah stainless steel.

Kegiatan Program dosen Politani Pangkep ini melalui program Desiminasi Produk Teknologi ke Masyarakat (DPTM) tahun 2021 yang didanai Badan Riset Nasional Kemendikbud Ristek.

Menurut Ketua Program DPTM Politani Pangkep Ilham Ahmad, teknologi yang diberikan ke mitra adalah teknologi hasil penelitian dari dosen Politani Pangkep yang sudah melalui beberapa uji coba.

Sehingga pada saat mesin ini diterapkan pada mitra dapat beroperasi dengan baik.

“Mesin sari kurma hasil Inovasi ini sangat membantu meningkatkan produksi dari mitra karena mesin ini dapat beroperasi secara kontinyu,” kata Ilham Ahmad.

“Atau paling tidak mesin dapat beroperasi selama beberapa jam untuk satu kali produksi. Mesin ini juga saling terintegrasi sehingga dalam proses produksi lebih efisien,” jelasnya.

Mitra yang bekerjasama dalam kegiatan Desiminasi Teknologi ke masyarakat ini adalah UKM Sari Kurma yang mengolah kurma menjadi sari kurma. Pendampingan dilakukan sejak September hingga November 2021.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved