Tribun Pangkep

BLK Pangkep Gelar Webinar Barista Indonesia Menuju Dunia, Hadirkan Barista Sukses dari Qatar

Balai Latihan Kerja (BLK) Pangkep mengadakan webinar bertajuk Barista Menuju Dunia, Rabu (17/11/21).

Penulis: Nurul Hidayah | Editor: Sudirman
BLK Pangkep
Webinar Barista Menuju Dunia, Rabu (17/11/21) 

TRIBUNPANGKEP.COM, PANGKEP - Balai Latihan Kerja (BLK) Pangkep mengadakan webinar bertajuk Barista Indonesia Menuju Dunia, Rabu (17/11/21).

Kegiatan ini dilakukan secara daring dan disiarkan melalui kanal YouTube BLK Pangkep.

Webinar ini menghadirkan pembicara Dirjen Binalavotas Kemnaker, Budi Hartawan, Kepala Pusat Pasar Kerja Kemnaker, bahkan barista yang sukses dari Qatar.

Kegiatan edukatif ini diikuti oleh 200 peserta dari berbagai daerah

Kepala BLK Pangkep, Sudarsono mengatakan, kegiatan webinar ini merupakan upaya BLK Pangkep untuk memperkenalkan alumni kejuruan BLK Pangkep kepada peluang usaha dan industri terkait dengan barista maupun kopi.

"Sulawesi Selatan dari dulu terkenal sebagai penghasil kopi untuk pasar dunia, maka seharusnya pula alumni barista bisa bekerja di berbagai negara di dunia," katanya.

Ia menambahkan, peluang kerja untuk barista tidak hanya di dalam negeri tetapi juga terbuka lebar diberbagai negara. 

"BLK Pangkep sengaja mengundang 2 narasumber yang berprofesi sebagai barista dan owner home industri kopi di negara Qatar untuk memberikan pandangannya terhadap peluang barista di dunia internasional," lanjutnya.

Sementara salah satu instruktur Barista BLK Pangkep, Chairul Razak mengatakan saat ini bisnis kedai dan kafe kopi makin berkembang pesat di Indonesia.

Sayangnya, hal ini belum diimbangi ketersediaan tenaga Barista yang menjadi salah satu profesi penting dalam industri kopi.

"Mengantisipasi hal tersebut, Kementerian Ketenagakerjaan mengadakan pelatihan Barista professional di berbagai daerah," ucapnya.

Menurutnya, pelatihan barista semakin diminati seiring berkembangnya industri kopi dan mewabahnya kafe dan kedai kopi di Indonesia.

"Hal itu memberi peluang kerja sebagai Barista dan peluang usaha yang cukup menjanjikan, untuk mengimbangi hal tersebut, maka dibutuhkan SDM yang berkualitas dan profesional," tambahnya.

Untuk itulah, dibutuhkan suatu strategi yang tepat dalam menyiapkan sumber daya manusia manusia yang berkualitas agar dapat berkontribusi dalam pembangunan nasional.

"Salah satu upaya yang dilakukan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas adalah dengan melaksanakan pelatihan kerja," jelasnya.

Razak menjelaskan, pelatihan kerja dimaksudkan untuk membekali calon tenaga kerja dengan kompetensi yang sesuai dibutuhan pasar kerja.

"Dengan harapan calon tenaga kerja yang telah dilatih dapat memperoleh pekerjaan yang layak dan bekerja secara produktif," harapnya.

Sumber: Tribun Timur
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved