Breaking News:

Tribun Kampus

Unhas Bakal Buka 4 Prodi Baru untuk Sertifikasi International

Asean University Network 'AUN' merupakan organisasi yang bergerak di bidang penguatan mutu perguruan tinggi di tingkat ASEAN.

Editor: Saldy Irawan
tribuntimur.com
FGD 4 Prodi menuju Sertifikasi Internasional     

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Universitas Hasanudin (Unhas) bersama Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) memulai persiapan untuk Sertifikasi International AUN QA batch IX dengan menggelar Forum Group Discussion bersama 4 Program Studi (Prodi) di Aston Hotel, Jumat-Minggu (12-14/11/21).

Mulai pekan ini, Prodi Sastra Prancis, Antropologi, Ilmu Pemerintahan dan Hukum Administrasi Negara telah mulai menyiapkan syarat-syarat  untuk memperoleh sertifikasi tersebut.

"Kita didaftarkan oleh fakultas, karena dinilai sudah mampu untuk mempersiapkan prodi ke taraf internasional" ujar Ketua Program Studi Sastra Prancis, Prasuri Kuswarini kepada tribun-timur.com, Selasa (16/11/21).

Asean University Network 'AUN' merupakan organisasi yang bergerak di bidang penguatan mutu perguruan tinggi di tingkat ASEAN.

AUN melalui program Quality Assurance 'QA'  bertanggung tanggung jawab untuk mempromosikan dan meningkatkan kualitas lembaga pendidikan tinggi serta berkolaborasi dengan badan regional atau internasional untuk kepentingan pendidikan di ASEAN.

Sertifikasi ini diperoleh melalu laporan penilaian pada prodi melalui Self Assessment Report (SAR).

Setelah itu, tim assessor AUN QA akan mengecek  kondisi prodi sesuai yang dituliskan dalam SAR.

"Ada 11 poin penilaian untuk mendapatkan sertifikasi tersebut," sambungnya. 

Ke-11 poin tersebut yaitu hasil pembelajaran yang diharapkan , spesifikasi program, struktur dan isi program.

Selanjutnya, pendekatan pendidikan, penilaian mahasiswa, kualitas staf akademik, kualitas staf kependidikan, fasilitas dan infrastruktur. Serta pendukung kualitas mahasiswa, penjaminan mutu, dan lulusan.

Menurut data LPMPP, Unhas telah memiliki 28 Prodi S1 dan 1 Prodi S2 yang tersertifikasi Internasional AUN-QA.

Prasuri Kuswarini juga menjelaskan bahwa proses self asessmen ini berbasis pada pengembangan kualitas kurikulum.

"Kita meninjau kembali kurikulum yang kita punya untuk meningkatkan capaian pembelajaran sesuai dengan standards internasional" lanjutnya.

Dalam mempersiapkannya, Prodi Sastra Prancis juga melibatkan mahasiswa beserta alumni.

"Nanti akan ada keterlibatan mahasiswa sebagai komponen yang akan dinilai bersama. Sekarang kita mulai dengan mengisi kuisioner terkait prestasi. Alumni juga kita juga panggil sebagai bahan mengevaluasi prospek kerja setelah kuliah," tutupnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved