Breaking News:

Pahlawan

Sosok I Fatimah Daeng Takontu, Garuda Betina dari Gowa yang Jago Bertempur di Laut

I Fatimah Daeng Takontu adalah sosok pejuang asal Gowa yang lahir di tahun 1659. Saat itu, Indonesia masih dijajah oleh VOC Belanda.

Editor: Muh. Irham
Tribun Pontianak
Bupati Mempawah Erlina beserta Wakil Bupati Mempawah Muhammad Pagi mendatangi dan melihat langsung keberadaan makam yang berada di Pulau Temajo, Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Rabu 2 Juni 2021. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Sebagian masyarakat Sulawesi Selatan, khususnya di Kabupaten Gowa, mungkin tidak terlalu mengenal nama I Fatimah Daeng Takontu

Maklum, namanya memang tak setenar pahlawan asal Sulawesi Selatan lainnya seperti Ranggong Daeng Romo, Emmy Saelan, Andi Djemma, dan sederet nama pahlawan lainnya.

I Fatimah Daeng Takontu adalah sosok pejuang asal Gowa yang lahir di tahun 1659. Saat itu, Indonesia masih dijajah oleh VOC Belanda.

I Fatimah adalah putri dari Raja Gowa ke XVI, Sultan Hasanuddin

Catatan soal I Fatimah ditulis apik dalam buku berjudul "Profil Sejarah, Budaya, dan Pariwisata Gowa." Buku tersebut ditulis budayawan Gowa Djufri Tenribali dan Syahrul Yasin Limpo yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pertanian RI.

Sosok I Fatimah dideskripsikan sebagai Garuda Betina dari Timur oleh VOC. Aksi heroiknya sebagai perempuan sangat berjasa mendongkel pengaruh VOC di kesultanan Indonesia kala itu.

I Fatimah disebut sangat dekat dengan ayahnya, Sultan Hasanuddin. Sejak kecil, sang ayah sudah mengajarinya ilmu bela diri.

Menginjak remaja, Fatimah sempat mempelajari ilmu bertempur di laut. Ia sempat diamanahkan untuk memimpin armada Gowa.

Ia juga pawai mempelajari ilmu iklim. Tak heran, ia lebih banyak menghabiskan waktu di lautan. I Fatimah disebut berlayar dari Sulawesi, Jawa, hingga laut Banda.

"Pengetahuannya mengenai ilmu kelautan dan iklim membuatnya lebih banyak berada di laut," kata Amin Yakob.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved