Breaking News:

Pemprov Sulsel

14 Daerah Sulsel Lolos Kabupaten Kota Sehat 2021, Andi Sudirman Sulaiman Diganjar Penghargaan

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman akan menerima penghargaan sebagai Pembina KKS Provinsi terbaik pertama di Indonesia.

Penulis: Muhammad Fadhly Ali | Editor: Suryana Anas
Humas Pemprov Sulsel
Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman saat menerima pimpinan perusahaan Jepang di di Baruga Lounge, Kantor Gubernur Sulsel Jl Urip Sumoharjo Makassar, Senin (15112021) 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Sebanyak 14 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) lolos sebagai Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2021.

Hal itu diketahui setelah dilakukan verifikasi lapangan oleh Tim Kabupaten Kota Sehat (KKS) Pusat 2021.

Diketahui, Provinsi Sulsel mendominasi penerima terbanyak dari 36 provinsi se Indonesia yang akan menerima penghargaan Anugerah Swasti Saba dari Kemendagri RI dan Kemenkes RI melalui program KKS 2021.

Atas capaian itu, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman akan menerima penghargaan sebagai Pembina KKS Provinsi terbaik pertama di Indonesia.

Hal itu karena suksesnya melakukan pembinaan terhadap kabupaten/kota.

Untuk diketahui, penghargaan Swasti Saba ini sebagai apresiasi kepada kabupaten/kota yang berhasil membebaskan sedikitnya 60 persen  Desa/Kelurahan dari perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS) atau telah dinyatakan ODF (Open Defecation Free).

Adapun 14 Kabupaten/Kota yang lolos KKS 2021, yakni Pinrang, Soppeng, Bantaeng, Barru, Wajo, Luwu, Gowa, Takalar, Sinjai, Jeneponto, Enrekang, Luwu Timur, Parepare dan Palopo.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Sulsel, Husni Thamrin, menjelaskan, program KKS bertujuan agar tercapai kondisi kabupaten kota bersih, aman, nyaman dan sehat untuk masyarakat dengan berbagai program kesehatan dan lainnya.

Selain itu, KKS merupakan apresiasi dari pemerintah pusat. 

"Penghargaan KKS adalah apresiasi pemerintah pusat pada pemerintah daerah yang sudah menyelenggarakan KKS sesuai Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan," katanya.

Menurutnya, capaian ini tak terlepas dari arahan dan pembinaan langsung Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman.

Tidak lain untuk menjaga daerah tetap bersih, aman, nyaman dan sehat untuk masyarakat. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved