Breaking News:

Agama Minoritas, Waketum DMI Syafruddin Minta Muslim di Bali Tampilkan Islam Rahmatan Lil Alamin

Wakil Ketua Umum DMI, Syafruddin meminta kepada umat Islam di Bali menjaga ukhuwah islamiyah dan ukhuwah insaniyah. Jika keduanya dijaga, maka prinsip

Editor: Edi Sumardi
DOK DMI
Wakil Ketua Umum DMI, Komjen (Purn) Syafruddin saat berbicara pada acara tausiyah dan silaturahim pengurus DMI dengan warga Muslim Bali di Masjid Baitul Makmur, Jl Gn Merbuk nomor 4, Tegal Kertha, Denpasar, Bali, Senin (15/11/2021). 

TRIBUN-TIMUR.COM - Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia ( DMI ), Komjen (Purn) Syafruddin meminta kepada umat Islam di Bali menjaga ukhuwah islamiyah (persaudaraan sesama umat Islam) dan ukhuwah insaniyah (persaudaraan sesama manusia).

Jika keduanya dijaga, maka prinsip persatuan yang sudah melekat pada jiwa dan sikap kaum muslim sejak lama di provinsi itu bisa dipertahankan.

Permintaan Syafruddin disampaikan pada acara tausiyah dan silaturahim pengurus DMI dengan warga Muslim Bali di Masjid Baitul Makmur, Jl Gn Merbuk nomor 4, Tegal Kertha, Denpasar, Bali, Senin (15/11/2021).

"Semoga kerukunan ukhuwah islamiyah dan ukhuwah insaniyah yang sangat lekat kepada seluruh umat Islam di mana pun berada dan tertanam sampai kapan pun hendaknya kita jaga dan selalu terjaga," ujar Syafruddin, mantan Wakapolri, sebagaimana siaran pers diterima Tribun-Timur.com.

Acara tausiyah dibawakan dai kondang, Das'ad Latif dan dihadiri Ketua DPD DMI Bali, Bambang Santoso.

Apalagi menurut Syafruddin, umat Islam di Bali adalah kelompok minoritas sehingga umat Islam yang berada di tengah-tengah kelompok agama mayoritas harus menampilkan Islam yang rahmatan lil 'alamin.

Arti Islam sebagai agama yang rahmatan lil 'alamin adalah agama penuh rahmah, kasih sayang terhadap sesama manusia dan alam semesta, serta kontra terhadap kekerasan dan agresivitas terhadap sesama manusia dan alam semesta.

"Karena minoritas, maka kita bisa menampilkan, sekaligus memberikan pencerahan kepada masyarakat bahwa Islam adalah Islam yang rahmatan lil 'alamin. Islam yang sangat toleran, umat Islam bisa masuk ke kelompok mana pun dan selalu bisa memberikan kerja sama di lingkungan mana pun berada," ujar Syafruddin.(rilis)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved