Breaking News:

Unhas

SMART KIP-K Unhas Dihadiri 1.193 Mahasiswa

Ikatan Keluarga Mahasiswa Bidikmisi dan IKAB-KIP Universitas Hasanuddin menggelar pertemuan bersama mahasiswa baru penerima KIP Kuliah

Editor: Suryana Anas
Wartawan Magang Tribun Timur/Faqih Imtiyaaz
Ikatan Keluarga Mahasiswa Bidikmisi dan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (IKAB-KIP) Universitas Hasanuddin menggelar pertemuan bersama mahasiswa baru penerima KIP Kuliah di Fakultas Kedokteran lt 5, Universitas Hasanuddin, Jl Perintis Kemerdekaan km 10, Makassar, Sabtu (131121) pagi. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Ikatan Keluarga Mahasiswa Bidikmisi dan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (IKAB-KIP) Universitas Hasanuddin menggelar pertemuan bersama mahasiswa baru penerima KIP Kuliah di Fakultas Kedokteran lt 5, Universitas Hasanuddin, Jl Perintis Kemerdekaan km 10, Makassar, Sabtu (13/11/21) pagi.

Kegiatan IKAB KIP Unhas yaitu Sambut Mahasiswa Baru dengan Kreasi dan Prestasi Kartu Indonesia Pintar (SMART KIP-K) mengusung tema "Menggapai Mimpi dengan Progresivitas menuju Generasi Berprestasi bersama KIP Kuliah".

"IKAB-KIP Unhas merupakan rumah bagi seluruh penerima bidikmisi dari pemerintah untuk saling bersosialisasi, bertukar ide-ide kreatif demi kemajuan dunia pendidikan di Indonesia" ujar Ketua IKAB-KIP, Muh Nur Aswin kepada tribun-timur.com

"Dan Kegiatan ini menjadi awal dan jembatan kami dengan mahasiswa baru untuk bersama membuat terobosan dan prestasi dibidang akademik maupun non-akademik" lanjutnya.

Rangkaian acara kegiatan ini berupa pemberian materi dan motivasi seputar KIP-K, pengenalan organisasi IKAB-KIP serta penampilan bakat dan prestasi  oleh mahasiswa penerima beasiswa.

KIP Kuliah merupakan program pembiyaan pendidikan dari pemerintah Indonesia bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.

Program ini memberikan beragam bantuan kepada mahasiswa untuk melanjutkan masa studi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Penerima KIP-K tidak lagi membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) persemester, karena telah disubsidi oleh pemerintah.

Mahasiswa juga akan menerima subsidi biaya hidup sebesar Rp 700 ribu/bulan yang disesuaikan dengan pertimbangan biaya hidup masing-masing wilayah.

Tahun ini, Sebanyak 1.629 mahasiswa Unhas menerima bantuan KIP-K.

Sedangkan pada Kegiatan ini, hadir 1.193 mahasiswa yang terbagi daring dan luring. Bagi yang luring, peserta dibatasi hanya 2 mahasiswa dari setiap fakultas mengingat pandemi covid-19 yang masih melanda Indonesia.

Pembina organisasi, Surianto menyampaikan harapannya agar mahasiswa penerima KIP dapat mampu mengembangkan diri dalam berorganisasi dan bersosialisasi.

"Saya harap mahasiswa penerima KIP mampu mengembangkan kapasitasnya di setiap kegiatan IKAB-KIP Unhas" ujarnya. 

Laporan Wartawan Magang Tribun Timur, Faqih Imtiyaaz

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved