Breaking News:

Balai Karantina Pertanian Makassar Gelar Rakor Bersama Instansi Terkait, ini Tujuannya

Kegiatan ini dirangkaikan dengan  Pengawasan Bersama Dengan Instansi Terkait di area pelabuhan Larea Rea Kabupaten Sinjai pada hari Sabtu (13/11).

Editor: Saldy Irawan
Ist
Dalam acara ini dipaparkan mengenai tugas pokok dan fungsi dari Karantina Pertanian. 

Sinjai - Balai Besar Karantina Pertanian Makassar menggelar Rapat Koordinasi, yang dikemas  dalam sebuah acara ngobrol Bareng.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan  Pengawasan Bersama Dengan Instansi Terkait di area pelabuhan Larea Rea Kabupaten Sinjai pada hari Sabtu (13/11).

Rakor yang diadakan di Cafe D'Arista ini dihadiri oleh sejumlah instansi terkait, diantaranya UPP Kelas III Sinjai, Syahbandar Tuju-tuju, Polairud Sinjai dan Tuju-tuju.

Hadir pula KP3 Tuju-tuju, Polairud Polda Sulawesi Selatan, dan Pos Angkatan Laut Sinjai-Bone.

Rakor  pengawasan bersama yang digelar oleh Balai Besar  Karantina Pertanian Makassar ini,  bertujuan untuk meningkatkan sinergi, koordinasi antara Instansi terkait. 

Dalam upaya mendukung efektifitas pelayanan operasional Karantina Pertanian, serta  dalam rangka cegah tangkal Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) dan Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) .

Dalam acara ini dipaparkan mengenai tugas pokok dan fungsi dari Karantina Pertanian.

Berdasarkan UU No 19 Tahun 2021, Tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan,  serta pentingnya fungsi  Koordinasi dengan instansi terkait.

Kepala Balai Karantina Makassar Lutfie Natsir berpesan betapa pentingnya pelayanan dan pengawasan di lapangan. 

"Ketika memberikan pelayanan dan pengawasan  di lapangan, sinergi dan koordinasi adalah hal utama" katanya.

Dia menambahkan jika sinergi dan  koordinasi tertata dengan baik,  maka  rangkaian tugas  masing-masing institusi lebih mudah dijalankan. 

Terutama dalam fungsi pengawasan lalu lintas media pembawa antar area. 

Acara dilanjutkan dengan pengawasan bersama terhadap lalu lintas komoditas pertanian. 

Lalu lintas komoditas pertanian yang melewati pelabuhan Larea,  wajib di periksa oleh  karantina di Pelabuhan Larea Rea Kabupaten Sinjai.

Harapannya, acara dan pengawasan bersama ini dapat meningkatkan koordinasi antar instansi sehingga masing-masing dapat melaksanakan tugasnya dengan optimal. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved