Breaking News:

Tribun Kampus

HMS-FT Unismuh Diskusi Konservasi Benteng Somba Opu

Konservasi dilakukan sebagai langkah untuk menjaga keutuhan cagar budaya bangunan bersejarah kebanggaan

Editor: Imam Wahyudi
HMS-FT Unismuh Diskusi Konservasi Benteng Somba Opu
Faqih Imtiyaaz
Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Makassar, menggelar kegiatan konservasi Benteng Somba Opu di lapangan situs Benteng Somba Opu, Gowa, Kamis (12/11/20) pagi.

Laporan Wartawan Magang Tribun Timur, Faqih Imtiyaaz

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Makassar, menggelar kegiatan konservasi Benteng Somba Opu dalam rangka memperingati Hari Bangunan Indonesia di lapangan situs Benteng Somba Opu, Gowa, Kamis (12/11/20) pagi.

Kegiatan ini mengangkat tema "Pelestarian dan Konservasi Bangunan Bersejarah untuk Mewujudkan Cagar Budaya yang berkelanjutan bagi Generasi Masa Depan Bangsa Indonesia" yang disponsori oleh masterumah.id.

Sejak 2014, HBI dideklarasikan dengan tujuan untuk mewujudkan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan.

Peringatan HBI berfungsi sebagai ajang merefleksi ingatan tentang sistematika pembangunan yang ada dalam menciptakan langkah-langkah yang terukur untuk melakukan pembangunan/perawatan bangunan di masa yang akan datang .

"Saya harap dengan kegiatan dalam memperingati HBI ini dapat menjadi cikal bakal dalam membangun sinergi besar bagi seluruh elemen bangsa ini dalam menjaga bangunan bangunan bersejarah sebagai jati diri bangsa ini," kata ketua panitia, Aswandi Ismail kepada tribun-timur.com.

Ketua HMS-FT Unismuh, Andi Rahmat menjelaskan bahwa pentingnya peringatan HBI sebagai momentum untuk percepatan pembangunan yang efisientris dan berkualitas.

"Sekarang menjadi tantangan untuk mempertahankan dan ikut melestarikan wajah asli bangunan Indonesi. Karena di kondisi globalisasi ini, dari segi infrastruktur banyak dijumpai bangunan yang terinspirasi dari modernisasi luar negeri," ucap Rahmat.

Konservasi dilakukan sebagai langkah untuk menjaga keutuhan cagar budaya bangunan bersejarah kebanggaan masyarakat Gowa.

Benteng Somba Opu dibangun pada tahun 1525 oleh Sultan Gowa IX, Daeng Matenre Karaeng Tumapa’risi’ Kallonna.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved