Breaking News:

Kesehatan

Menurut Peneliti, Tidur di Atas Jam 12 Malam, Bisa Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung

Padahal tidur lebih cepat ternyata bisa memberikn manfaat kesehatan tak terduga, bahkan mencegah penyakit paling ditakuti ini.

Editor: Muh. Irham
grid.id via intisari-oline.com
Ilustrasi Tidur nyenyak. Orang-orang berusia 40-an wajib terapkan aturan tidur 7-8 jam sehari jika ingin hidup sehat. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Di masa-masa sekarang, sebagian orang tidur di atas jam 12 malam. Bahkan ada yang tidur jelang subuh.

Padahal tidur lebih cepat ternyata bisa memberikan manfaat kesehatan tak terduga, bahkan mencegah penyakit paling ditakuti ini.

Menurut ilmuwan Inggris, tidur terlalu dini atau terlalu larut dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Penyebab utama kematian dini di banyak negara, lebih tinggi daripada mereka yang tidur pada "jam emas".

Penelitian yang baru saja diterbitkan di European Heart Journal Digital Health menunjukkan bahwa kerangka waktu emas untuk memulai tidur malam adalah dari jam 22 hingga jam 23.

Menurut Dr David Plans dari University of Exeter (UK), penulis utama studi tersebut, mereka membuat kerangka waktu ini berdasarkan penyelidikan rinci tentang durasi tidur.

Jadwal tidur dan penyakit kardiovaskular, dan berdasarkan data pada lebih dari 88.000 Warga Inggris berusia antara 43 dan 79 tahun.

Selama tindak lanjut rata-rata 5,7 tahun, ada 3.172 peserta, yang tertinggi adalah mereka yang tidur di tengah malam atau lebih.

Tidur di tengah malam atau lebih meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 25% dibandingkan dengan kelompok tidur antara 22-23 jam.

Sementara tidur antara 23 dan 23:59 menit meningkatkan risiko 12%.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved