Breaking News:

Citizen Reporter

Dosen Kimia FMIPA UNM Pendampingan Penyusunan RPP dan LKPD di Takalar

Tujuan PKM ini agar guru-guru lebih memperjelas strategi sinkronisasi penyususnan dan penerapan antara RPP dan LKPD model discovery learning

Editor: Suryana Anas
Dosen Kimia FMIPA UNM Pendampingan Penyusunan RPP dan LKPD di Takalar - dosen-jurusan-kimia-fmipa-unm-melakukan-pengabdian-kepada-masyarakat-pkm.jpg
CITIZEN REPORTER/DR HJ SUGIARTI MSI
Dosen Jurusan Kimia FMIPA UNM berfoto bersama peserta kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Kabupaten Takalar, Sulsel, 14 dan 15 Agustus 2021.
Dosen Kimia FMIPA UNM Pendampingan Penyusunan RPP dan LKPD di Takalar - pkm-takalar-unm-1-11112021.jpg
CITIZEN REPORTER/DR HJ SUGIARTI MSI
Pemaparan materi kepada peserta kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Kabupaten Takalar, Sulsel, 14 dan 15 Agustus 2021.

Dr Hj Sugiarti MSi, Drs Muhammad Jasri Djangi MSi, Dra Hj Ramdani MSi

Dosen Kimia FMIPA UNM

Melaporkan dari Takalar, Sulsel

DOSEN Jurusan Kimia FMIPA UNM melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Kabupaten Takalar, Sulsel, 14 dan 15 Agustus 2021.

Kegiatan ini dibuka Kepala  SMAN 2 Takalar, Ibu Dra St Rosmala dihadiri Ketua Pusat Pengembangan UNM, Bapak Prof Dr rer nat H Muharram MSi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Takalar dan Jeneponto, dan Ketua Jurusan Kimia, Bapak Dr Muhammad Anwar MSi, serta dosen Jurusan Kimia FMIPA UNM.

Tujuan PKM untuk lebih memperjelas strategi sinkronisasi penyusunan dan penerapan antara RPP dan LKPD model discovery learning (DL) yang memiliki enam sintaks (stimulus, perumusan masalah, pengumpulan data, pengolahan data, verifikasi, dan generalisasi) bagi para guru.

Keenam sintaks inilah yang harus dijabarkan secara rinci dalam RPP dan LKPD sebagai kunci sukses tidaknya penerapan model pembelajan DL.

Tujuan bagi peserta didik adalah terlatih belajar aktif melalui diskusi kelompok untuk menciptakan pembelajaran berpusat pada peserta didik sehingga tumbuh kemampuan berpikir yang kritis dan inovatif melalui proses keterampilan mental sesuai dengan caranya sendiri belajar.

Metode pelaksanaannya adalah metode ceramah bervariasi dengan tanya jawab seputar model DL.

Sugiarti menyampaikan bahwa model DL menekankan pada pengalaman langsung peserta didik, lebih mengutamakan proses dari pada hasil belajar secara etimologis.  

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved