Breaking News:

Unismuh

Andi Sukri Syamsuri Ungkap Repetisi Bahasa di Masa Pandemi

Wakil Rektor II Unismuh Makassar, Dr Andi Sukri Syamsuri M Hum menjadi narasumber pada sedaring nasional Lierasi Bahasa dan Sastra di Masa Pandemi

Editor: Suryana Anas
Dok Pribadi
Wakil Rektor II Unismuh Makassar Dr Andi Sukri Syamsuri M Hum 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Wakil Rektor II Unismuh Makassar, Dr Andi Sukri Syamsuri M Hum menjadi narasumber pada sedaring nasional Lierasi Bahasa dan Sastra di Masa Pandemi Covid-19, Selasa (10/11/2021).

Kegiatan yang digelar Himpunan Pembina Bahasa Indonesia (HPBI) Sulsel ini dirangkaikan peluncuran Antologi Puisi HPBI Sulsel.

Narasumber lainnya yang membawakan makalah adalah, Ketua HPBI Pusat, Dr. Yeyen Maryani, M.Hum; Ketua HPBI Sulsel, Prof Dr.Anshari, M.Hum; Dosen  Unhas, Dr.Ery Iswari, M.Hum dengan moderator Dr.Ratnawati M.Pd.

Dr Andis pada sedaring itu memaparkan makalah berjudul, Repetisi Bahasa di Masa Pandemi: Habitus Baru di Balik Interaksi Sosial. 

Fenomena pandemi Covid 19-adalah terjadinya proses perubahan tata nilai pada masyarakat kemudian berangsur angsur menjadi perubahan praktik sosial.Perubahan bahasa itu meliputi perkembangan istilah baru sekaligus perulangan dalam bahasa (repetisi) pada membentuk penekanan dan pendisiplinan sosial.

Ha tersebut dilakukan sebagai upaya suatu negara yang dianggap mampu memutus mata rantai penularan virus Corona, tegas Timsel Anggota KPU Sulsel Pemilu 2019 ini.

"Penamaan nilai nilai baru repetisi bahasa kemudian menjadi indikator dalam membaca perubahan multi sektoral di masa pandemi," kata Tim Penyelia PPG Kemenristekdikti RI ini dalam rilis yang diterima Tribun, Kamis (11/11/2021). 

Ia mengatakan, konfigurasi bahasa pandemi Covid-19, berfungsi dalam menjelaskan sekaligus mengkonstruksi sistem pengetahuan yang bekerja untuk merespon fenomena di sekitar lingkungan. 

Konfigurasi bahasa melalui istilah yang digunakan pada fenomena pandemi termasuk; lockdown, karantina, pembatasan sosial, pembatasan fisik, prokokol kesehatan, di rumah saja, tes cepat, tes usap, vaksinasi.

Repetisi bahasa itu menunjukkan dominasi tata nilai yang mempengaruhi internalisasi tindakan dan perilaku sosial. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved