Breaking News:

Tribun Kampus

STIE YPUP Gelar Pendampingan UMKM Otak-otak di Pelabuhan Paotere

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka kegiatan pengabdian kepada masyarakat tahun 2021. 

Editor: Saldy Irawan
STIE YPUP Gelar Pendampingan UMKM Otak-otak di Pelabuhan Paotere
Ist
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Yayasan Pendidikan Ujung Pandang (YPUP) telah menyelenggarakan kegiatan pendampingan UMKM

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -  Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Yayasan Pendidikan Ujung Pandang (YPUP) telah menyelenggarakan kegiatan pendampingan UMKM otak-otak yang dilaksanakan di Pelabuhan Paotere jalan Sabutung raya Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar, demikian disampaikan Syarief Dienan Yahya, SE, MM di Kampus STIE YPUP, Selasa (10/11/2021)

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka kegiatan pengabdian kepada masyarakat tahun 2021. 

Kegiatan ini merupakan salah satu manifestasi dari tiga kewajiban perguruan tinggi terdiri dari Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian yang dikenal dengan tri dharma perguruan tinggi. 

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh tim pelaksana kegiatan Syarief Dienan Yahya, SE.,MM dan Astuty Hasti,SE.,M.Acc.,Ak. selain itu turut hadir pula perwakilan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STIE YPUP dan beberapa perwakilan dosen dan masyarakat.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan mulai dari bulan Mei sampai dengan bulan Oktober 2021, meliputi pelatihan dan pendampingan pengelolaan UMKM yang berfokus pada permasalahan beberapa aspek diantaranya Aspek Manajemen, Aspek Produksi, dan Aspek Sumber Daya Manusia. 

Pada Aspek Manajemen permasalahan mitra berkutat seputar pengelolaan karyawan, Branding Produk, Pemasaran, dan sistem Pembukuan. 

Selanjutnya pada Aspek Produksi permasalahan mitra berada pada kualitas bahan baku, kapasitas produksi, dan kualitas produksi. 

Sedangkan untuk aspek sumber daya manusia mitra mengalami permasalahan pada minimnya pengetahuan tentang pengelolaan UMKM.

Syarief Dienan Yahya, SE.,MM selaku ketua tim mengemukakan bahwa kegiatan pendampingan seperti ini merupakan bentuk kolaborasi dunia pendidikan dengan UMKM untuk memberikan pemahaman secara komprehensif kepada masyarakat tentang tata Kelola bisnis yang efektif dan efisien.

“kegiatan ini seharusnya membuktikan eksistensi perguruan tinggi di tengah masyarakat dalam menjalankan fungsinya, selain itu melalui kegiatan ini perguruan tinggi diharapkan dapat menjadi lini terdepan dalam memberikan pemahaman kepada pelaku industri khususnya skala mikro melalui knowledge transfer dari mimbar akademik ke masyarakat sehingga para pelaku usaha dapat lebih optimal dalam memberikan value added pada produk-produknya” tuturnya.

Masyarakat yang turut serta dalam kegiatan ini mengemukakan bahwa kegiatan seperti ini sangat membantu mereka untuk mendapatkan pemahaman terkait pengelolaan usaha sehingga usahanya dapat bersaing dan bertahan khususnya di tengah situasi pandemi covid-19 yang melanda.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved