Breaking News:

Tribun Ekonomi

VIDEO: Naik Pesawat Bisa Pakai Antigen, Pergerakan Penumpang di Bandara Hasanuddin Naik 30 %

Rata-rata per harinya sudah mencapai 220 pergerakan dengan tujuan terbanyak menuju Jakarta, Surabaya, Kendari, Yogyakarta, Sorong

Penulis: Nurul Hidayah | Editor: Suryana Anas

TRIBUNMAROS.COM, MAROS - Jumlah penumpang di Bandara Sultan Hasanuddin, di Kabupaten Maros, kembali meningkat setelah diberlakukannya Surat edaran Kementrian Perhubungan No 96 tahun 2021.

SE Kemenhub No 96 ini berisikan tentang petunjuk pelaksaan perjalanan orang dalam negeri dengan transportasi udara pada masa Pandemi Covid-19. 

Airport Duty Manager Angkasa Pura I Bandara Sultan Hasanuddin, Imade Darmawan mengatakan sesuai surat edaran Kemenhub yang terbaru diterbitkan 2 November 2021, ada kemudahan bagi Calon penumpang pesawat udara. 

"Sesuai dengan SE Kemenhub no 96 yang terbaru itu ada kemudahan bagi calon penumpang pesawat udara, yang menyatakan dimana perjalanan antar pulau Jawa dan bali atau menuju pulau Jawa dan Bali kemudian keluar pulau Jawa dan Bali itu, kalau sudah vaksin pertama wajib melengkapi dokumen kesehatan dengan rapid tes PCR yang berlaku selama 3 hari dari surat tersebut dikeluarkan," jelasnya, Kamis (04/11/21).

Lebih lanjut Darmawan menyampaikan jika calon penumpang sudah melakukan vaksin dosis dua maka bisa melampirkan dokumen kesehatan dengan tes antigen yang diambil sehari sebelum keberangkatan. 

"Kalau sudah vaksin kedua, menuju pulau Jawa, bali dan jakarta bisa melampirkan surat negatif tes antigen," katanya. 

Meski aturan baru ini sudah diberlakukan namun faktanya masih banyak calon penumpang yang tidak dilengkapi persyaratan dokumen kesehatan saat akan berangkat.

Oleh karena itu, pihak bandara pun melakukan pengawasan ketat untuk menghindari terjadinya pelanggaran. 

"Biasanya kalau penumpang yang tidak sesuai dengan persyaratan dokumen kesehatan penerbangan itu ditolak untuk dilakukan perjalanan penerbangan ke tujuan selanjutnya," lanjutnya

Saat ini pergerakan penumpang di Bandara Makassar kembali mengalami peningkatan sebesar 30 persen.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved