Breaking News:

Unhas

Dosen Unhas Sosialisasi Regulasi Sistem Navigasi & Monitoring Permesinan Kapal Pinisi di Bulukumba

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Hasanuddin (Unhas), melakukan sosialisasi regulasi sistem navigasi

Editor: Sudirman
ist
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Hasanuddin (Unhas), melakukan sosialisasi regulasi sistem navigasi dan sistem monitoring permesinan kapal Pinisi di Tanaberu, Bulukumba, Sulawesi Selatan, Minggu (7/10/2021). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Hasanuddin (Unhas), melakukan sosialisasi regulasi sistem navigasi dan sistem monitoring permesinan kapal Pinisi di Tanaberu, Bulukumba, Sulawesi Selatan, Minggu (7/10/2021).

Sosialisasi diberikan dosen Fakultas Teknik Unhas yang tampil sebagai pembicara yakni Ir Rahimuddin ST MT PhD bersama Dr Eng Andi Erwin Eka Putra ST MT dan Dr Eng Lukmanul Hakim ST MT.

Program ini juga melibatkan mahasiswa Prodi Teknik Sistem Perkapalan Unhas.

Kegiatan ini merupakan hibah pengabdian kepada masyarakat dari Kemendikbud Ristek.

Kegiatan sosialisasi ini menargetkan peningkatan kualitas dari produksi kapal pinisi di wilayah Kabupaten Bulukumba.

Untuk itu, hadir sebagai peserta adalah pengusaha dan juga melibatkan tukang kayu kapal pinisi asal Bulukumba.

Panitia Kegiatan, Masyuri mengatakan, dengan sosialisasi ini diharapkan kualitas kapal Pinisi yang diproduksi menerapkan teknologi digital dalam sistem monitoring permesinan dan peralatan navigasi kapal.

“Acara tersebut berawal dari banyaknya permasalahan yang diidentifikasi oleh tim hibah pengabdian masyarakat,” ujarnya dalam rilisnya ke tribun-timur.com, Senin (8/11/2021).

“Salah satunya tidak adanya alat yang digunakan untuk mengetahui volume bahan bakar tersisa dalam tangki BBM kapal Pinisi. Masih serba manual,” lanjutnya.

Identifikasi yang dilakukan tim pengabdian masyarakat dari Fakultas Teknik Unhas, peralatan yang ada di kapal pinisi hanya menggunakan pipa yang dicelupkan ke dalam tangki.

Halaman
123
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved