Breaking News:

BLK Pangkep

Tak Hanya Wajib Militer, Personel Kodim 1421 Pangkep juga Dilatih Cara Meracik Kopi Ala Barista

Instruktur pelatihan barista BLK Pangkep, Chairul Razak, mengatakan pelatihan ini diadakan sebagai bentuk kerjasama kepada TNI.

Penulis: Nurul Hidayah | Editor: Saldy Irawan
Ist
Suasana pelatihan barista untuk anggota Kodim 1421 Pangkep   

TRIBUNPANGKEP.COM, PANGKEP - BLK Pangkep memberikan pelatihan barista kepada anggota Kodim 1421/Pangkep.

Kegiatan ini dilaksanakan di kantor BLK Pangkep, Sabtu, (06/11/21).

Instruktur pelatihan barista BLK Pangkep, Chairul Razak, mengatakan pelatihan ini diadakan sebagai bentuk kerjasama kepada TNI.

"Pelatihan singkat barista untuk anggota Kodim ini dalam rangka sosialisasi dan kerjasama dengan TNI dalam hal ini Kodim 1421 Pangkep," katanya.

Dalam pelatihan yang dilaksanakan selama sehari itu, para personel TNI tersebut diajarkan untuk meracik kopi dengan berbagai metode.

"Teknik manual brew, seperti metode meracik kopi dengan menggunakan metode/alat, syphon, moka pot, french press, aero press dan V60, juga dilatih seni menghias kopi Latte Art," jelasnya.

Razak menambahkan, tak hanya pelatihan barista, BLK Pangkep kemungkinan juga akan mengadakan pelatihan lain untuk para anggota Kodim 1421 ini.

"Diawali dengan Pelatihan Barista, yang mana tidak menutup kemungkinan kedepannya dilanjutkan dengan pelatihan - pelatihan kejuruan lainnya, seperti, teknik pengelasan, teknik otomotif, garmentbapparek, processing dan teknologi informasin dan komunikasi," terangnya.

Selain sebagai bentuk kerja sama, pelatihan - pelatihan juga dimaksudkan sebagai upaya pengembangan potensi dan wawasan anggota TNI.

"Agar kelak mereka bisa memiliki keahlian baru, khususnya untuk persiapan pensiun," tuturnya.

"Untuk pengembangan diri secara mandiri, misalnya setelah pensiun nanti kalau mau membuka usaha atau terjun ke industri lain itu bisa," lanjutnya.

Kepala BLK Pangkep, Sudarsono mengatakan BLK Pangkep siap bersinergi dengan instansi terkait lainnya dalam hal peningkatan kompetensi SDM. 

"BLK Pangkep mensosialisasikan program pelatihan kepada stake holder agar keberadaan BLK Pangkep dapat dimanfaatkan masyarakat dalam mendapatkan pelatihan kerja," ucapnya.

Salah satu peserta pelatihan, Muhammad Amir, sangat mengapresiasi pelatihan ini apalagi dirinya memang menyukai kopi.

"Ilmu yang diberikan sangat luar biasa. Saya mengikuti ini untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang kopi," terangnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved