Breaking News:

Tribun Wajo

Wujudkan Layanan Kesehatan Hingga Pelosok, Oto Dottoro Kini Dinikmati Masyarakat Wajo

Oto Dottoro merupakan pusat pelayanan keselamatan terpadu dan direncanakan tersebar di 14 kecamatan di Wajo

Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo
Oto Dottoro - Oto Dottoro merupakan pusat pelayanan keselamatan terpadu dan direncanakan tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan 

TRIBUNWAJO.COM, SENGKANG - Satu dari 25 program kerja Bupati dan Wakil Bupati Wajo periode 2019-2024, Amran Mahmud dan Amran, adalah menghadirkan Oto Dottoro.

Oto Dottoro merupakan pusat pelayanan keselamatan terpadu dan direncanakan tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

Untuk memperoleh layanan kesehatan masyarakat hanya tinggal menghubungi call center dan menjadikan warga di pelosok pun bisa tersentuh.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Wajo, drg Armin, mengatakan untuk langkah awal Pemkab Wajo telah menyiapkan lima unit armada Oto Dottoro yang dilengkapi peralatan modern.

Selain itu, satu unit ambulans Public Safety Center (PSC) atau Pusat Pelayanan Kegawatdaruratan.

"Pada tahap awal dibentuk lima kelompok koordinator Oto Dottoro yang bertugas tiap kecamatan yang terdiri dari satgas pelayanan kesehatan serta sopir yang dilengkapi dengan ambulans beserta peralatannya," katanya, Kamis (4/11/2021).

Koordinator tingkat kecamatan bertugas untuk melayani kasus kecelakaan dan kegawatdaruratan lainnya di wilayah kerja 14 kecamatan sehingga waktu penanganan atau respons time lebih cepat.  

Keberadaan Pusat Pelayanan Kegawatdaruratan ini, lanjut dia, disebarluaskan pada saat peresmian pengoperasian sekaligus peluncuran penggunaan pada 15 Februari 2020 lalu, bertepatan satu tahun kepemimpinan Amran Mahmud-Amran.

Lalu, pada 11 Februari 2021 berlangsung peluncuran layanan call center Wajo Masiga 112 yang dipusatkan di Pusat Pelayanan Kegawatdaruratan.

Layanan call center ini terintegrasi dengan kepolisian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Wajo. Call center ini difasilitasi Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Wajo.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved