Breaking News:

Salat Lima Waktu

Inilah Ayat dalam Al Quran yang Perintahkan Umat Islam Salat Lima Waktu, Ace: Tak Perlu Jadi Polemik

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily mengatakan, pernyataan Ade Armando tersebut tak perlu dijadikan polemik.

Editor: Muh. Irham
madrasatelquran.com
Ilustrasi salat 

TRIBUN-TIMUR.COM - Dosen Universitas Indonesia (UI) Ade Armando menyebut tak ada perintah salat 5 waktu di dalam Al Quran. Ia menyebut, perintah salat, ada, namun tidak ada secara detaill menyebutkan lima waktu.

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily mengatakan, pernyataan Ade Armando tersebut tak perlu dijadikan polemik.

"Sebetulnya, perintah salat wajib lima dengan waktu yang telah ditentukan secara jelas dalam ayat-ayat Al-Quran disebutkan, walaupun penyebutan istilah lima kalinya disebutkan dalam hadis Nabi. Al-Qur'an sendiri tegas memerintahkan salat," kata  Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Rabu (3/11/2021) malam.

Ace mengatakan perintah melaksanakan salat itu terdapat dalam berbagai ayat dalam Al-Quran. Meski demikian, dia menilai ucapan Ade Armando soal perintah salat lima waktu itu ada benarnya.

"Secara substansi, apa yang disampaikan Pak Ade Armando memang benar bahwa tidak disebutkan eksplisit dalam Al-Quran soal istilah lima waktu itu. Penegasan eksplisitnya ada dalam hadis Nabi," ujar Ace.

"Sebetulnya hal-hal yang sangat fundamental seperti ini sudah menjadi pengetahuan dasar bagi seorang muslim bahwa kewajiban salat 5 waktu ini merupakan bagian dari rukun Islam," sambungnya.

Oleh sebab itu, menurut Ace, ucapan Ade Armando tak perlu dijadikan polemik. Ace menilai ucapan Ade Armando soal perintah salat lima waktu itu cukup dijadikan pengingat untuk terus belajar soal agama Islam.

Ayat dalam Al-Quran yang Memerintahkan untuk Salat

 
Dari Abu Raziin beliau berkata, Nafi’ bin al-Azraq mendatangi Abdullah bin ‘Abbas radhiyallahu anhuma seraya bertanya:

هل تجد الصلوات الخمس في القرآن

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved