Breaking News:

IKA Unhas

Catatan Menjelang Mubes: Karena IKA Unhas Bukan Kelompok Arisan

Pertanyaanya: di mana IKA Unhas, sejauh mana perannya membantu para alumninya mendapat akses ke dunia profesional?

Editor: AS Kambie
Catatan Menjelang Mubes: Karena IKA Unhas Bukan Kelompok Arisan
DOK
Mulawarman, Alumni Universitas Hasanuddin

Oleh: Mulawarman
Alumnus FE Unhas

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Prof Aminuddin Ilmar, Prof Tahir Kasnawi, Prof Budimawan, A Madjid Sallatu, Dr Sawedi Muhammad, Dr Rahmat Muhammad, Mubha Kahar Muang, dan yunior saya di Fakultas Ekonomi Unhas, Abdul Rahman Farisi (Boge) menggugat saya dengan satu pertanyaan ; Mengapa Mul selalu emosional kalau bicara soal IKA Unhas.

Pertanyaan itu, dilontarkan oleh senior dan yunior saya itu, ketika di sosial media mereka membaca penolakan saya pada pelaksanaan Mubes IKA Unhas di Jakarta dan ajakan saya untuk melaksanakan Mubes tandingan.

Pertanyaan itu, bukan pertanyaan baru, bertahun-tahun pertanyaan itu, selalu dilontarkan oleh banyak orang Unhas setiap saya bicara IKA Unhas. Jawaban saya, selalu sama hingga hari ini.

Bahwa, saya tau dan mengenal IKA Unhas sejak 39 tahun lalu (1983-2021). Selama itu, IKA Unhas saya tau jalan di tempat kalau tidak mau dikatakan mati suri.

Selama 39 tahun faktanya, kantor atau sekretariat IKA Unhas di Gedung Pertemuan Alumni (GPA) Unhas, hanya jadi kandang kambing dan baru beberapa tahun terakhir berubah jadi sarang laba-laba, setelah 3 bulan kantor itu jadi Sekretariat POMNAS di tahun 2017.

Aset IKA Unhas tidak ada yang tau, kalau kita mau mengatakan tidak ada,m atau kita mencoba membandingkannya dengan aset KAGAMA UGM yang mencapai 100 miliar rupiah misalnya.

Sementara isi kas IKA Unhas kata Bendahara PP IKA Unhas Syarif Burhanuddin kepada saya setahun yang lalu, sebanyak 50 juta rupiah. Itupun, karena Chali panggilan Syarif Burhanuddin, diisinya pake uang pribadi, karena malu isi kas IKA Unhas kosong atau nol rupiah. Jangan coba bandingkan isi kas IKA Universitas Bosowa (Unibos) yang baru berusia 3 tahun, tapi isi kasnya mencapai ratusan juta rupiah.

Fakta itu, yang selalu membuat saya emosional, ketika saya membaca, bertemu, berhadapan dan berkesempatan mengenal, bahkan mengikuti sepak terjang organisasi alumni berbagai universitas, seperti ILUNI Universitas Indonesia, IKA Unpad, IKA IPB, Keluarga Besar ITB dan KAGAMA UGM.

Untuk itu di tulisan yang saya peruntukkan untuk IKA Unhas yang 2 bulan lagi akan Mubes ini, saya akan jelaskan betapa pentingnya kedudukan alumni atas perguruan tinggi, dan relevansinya dengan IKA Unhas kini; sejauhmana tantangan IKA Unhas ke depan, serta siapa pemimpin yang layak menjadi pengganti JK.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved