Breaking News:

Menopause

4 Gejala yang Menunjukkan Seorang Wanita Memasuki Masa Menopause

Seseorang dikatakan telah mengalami menopause ketika siklus haid berhenti selama lebih dari 12 bulan tanpa hamil atau sakit.

Editor: Muh. Irham
int
Ilustrasi 

TRIBUN-TIMUR.COM - Menopause adalah salah satu tanda penuaan. Meski demikian, ada beberapa ciri-ciri menopause yang sebaiknya Anda ketahui. Dengan begitu, Anda tidak bingung dengan perubahan yang Anda alami.

Seseorang dikatakan telah mengalami menopause ketika siklus haid berhenti selama lebih dari 12 bulan tanpa hamil atau sakit. Melansir Web MD, menopause terjadi karena jumlah hormon wanita terus berkurang seiring bertambahnya usia.

Setiap wanita mengalami gejala menopause yang berbeda-beda. Anda pun tidak tahu kapan tepatnya menopause berlangsung. Jadi, memerhatikan beberapa kondisi di bawah ini penting untuk Anda lakukan:

Sulit tidur

Ciri-ciri menopause yang pertama adalah ada kemungkinan Anda kesulitan untuk tidur, apalagi di malam hari. meski sudah terlelap pun, Anda menjadi lebih mudah bangun.

Apabila kondisi itu mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, tak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter.

Mudah lupa

Web MD menyebutkan, menopause ditandai dengan kebiasaan baru, yaitu Anda menjadi lebih sering lupa akan suatu hal. Kondisi tersebut bisa terasa semakin parah ketika stres yang Anda alami tidak terkontrol.

Siklus menstruasi tidak teratur

Ciri-ciri menopause berikutnya yang hampir dialami oleh semua wanita adalah siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Darah haid yang keluar pun bisa lebih sedikit atau lebih banyak daripada biasanya. Selain itu, lama siklus pun ikut mengalami perubahan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved