Breaking News:

LPkM UMI dan Tim Dosen Bekali Emak-emak Pakatto Pembuatan Lekker Holland Rambutan

Kegiatan Pengabdian ini diketuai oleh Sulastri dan anggota Ihramsari Akidah, S.Pd., M.Pd yang melibatkan dua mahasiswa

Penulis: CitizenReporter | Editor: Alfian
Citizen Reporter
Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LpkM) UMI beserta Dosen Fakultas sastra Universitas Muslim Indonesia (UMI) bermitra dengan ibu rumah tangga di desa Pakatto, kecamatan Bontomarannu, menyelenggarakan kegiatan pelatihan dan pendampingan, Kamis (28/10/2021). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LpkM) UMI beserta Dosen Fakultas sastra Universitas Muslim Indonesia (UMI) bermitra dengan ibu rumah tangga di desa Pakatto, kecamatan Bontomarannu, menyelenggarakan kegiatan pelatihan dan pendampingan, Kamis (28/10/2021).

Kegiatan Pengabdian tersebut diketuai oleh Sulastri, S.S.,M.Pd dan anggota Ihramsari Akidah, S.Pd., M.Pd yang melibatkan dua mahasiswa dari prodi pendidikan bahasa Inggris UMI.

Menurut Sulastri, Kegiatan ini merupakan salah satu dari aktivitas Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan melaksanakan program Pengabdian kepada masyarakat (PKM) dengan mengusung tema “Pelatihan pembuatan boterkoektan dan jampy di desa Pakatto “.

Lebih lanjut ia memaparkan tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memberikan penyuluhan tentang manfaat yang terkandung pada rambutan dan jamur tiram dari efek kesehatan.

Kemudian training pembuatan boterkoektan (Lekker Holland Rambutan) dan jampy (jamur crispy).

Kegiatan ini diberikan dengan menggunakan metode ceramah dan demonstrasi sehingga mitra dapat mempraktikkan langsung cemilan tersebut dan diharapkan menjadi kreatifitas ibu rumah tangga untuk menambah income ekonomi keluarga.

Adapun Lokasi kegiatan dipusatkan di rumah kepala desa Pakatto dengan dihadiri oleh 20 orang ibu rumah tangga sekaligus kader PKK desa Pakatto.

Turut hadir pada kegiatan tersebut adalah kepala PUSTU desa pakatto.

Kepala PUSTU desa pakatto, Tandas BAsir,. SE, memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan pengabdian ini karena buah rambutan dan jamur mempunyai niai gizi tinggi untuk dapat diolah menjadi cemilan yang bercita rasa enak dan layak dikonsumsi oleh publik.

Sementara itu, kehadiran tim pengabdi dari dosen fakultas sastra UMI Makassar telah memberikan sumbangsih yang besar bagi ibu rumah tangga di desa Pakatto karena dapat menambah kesejahteraan keluarga dengan membuat diversifikasi olahan kue dari bahan dasar rambutan.

Yang tujuannya tidak lain hanya untuk memanfaatkan hasil perkebunan buah rambutan sehingga nantinya bernilai jual tinggi dan layak dinikmati oleh konsumen. Tuturnya.

Dengan adanya kegiatan pengabdian ini ekspektasi kami selaku tim pengabdi, para ibu rumah tangga diharapkan mampu membuka home industry dengan berinovasi membuat olahan kue dari buah rambutan dan jamur tiram.(*)

Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved