Breaking News:

UPTD Sulsel

Kolaborasi KITA Kembali Gelar Donor Darah Libatkan 700 Komunitas dari 74 Kota di Indonesia Timur

Kegiatan donor darah ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021’ juga diharapkan akan memecahkan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Penulis: Hutami Nur Saputri | Editor: Suryana Anas
Kolaborasi KITA
Kegiatan donor darah ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021’ merupakan bagian dari Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Kolaborasi KITA kembali menggelar kegiatan donor darah bertajuk ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021’, Selasa (26/10/2021).

Kegiatan yang bertepatan dengan bulan Sumpah Pemuda ini akan melibatkan lebih dari 700 komunitas dengan ribuan anggota di 74 Kota/Kabupaten di Indonesia Timur.

Komunitas yang terlibat dalam kegiatan donor darah ini merupakan bagian dari Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area atau yang disingkat Kolaborasi KITA.

Kegiatan ini bertujuan untuk menggugah semangat nasionalisme dan jiwa kebangsaan di antara ribuan anggota komunitas.

Kegiatan yang bertepatan dengan bulan Sumpah Pemuda ini akan melibatkan lebih dari 800 komunitas.
Kegiatan yang bertepatan dengan bulan Sumpah Pemuda ini akan melibatkan lebih dari 800 komunitas. (Kolaborasi KITA)

Program donor darah ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021’ ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan sosial yang telah di inisiasi oleh Kolaborasi KITA sejak tahun 2020.

Seperti program ‘KITA Berbagi, Merajut Peduli Untuk Sesama’ yang dilakukan bersamaan dengan momentum Hari Raya Kurban 1442 H pada 20-23 Juli 2021 lalu.

Selain itu, ada juga program Tanggap Bencana (Tagana) KITA yang merupakan kegiatan untuk membantu masyarakat yang terkena bencana. 

Dalam berbagai kegiatan itu, Kolaborasi KITA didukung berbagai komunitas besar seperti Super Friends, Bold Riders dan Karang Taruna (Karta) Heppiii Community yang tersebar di berbagai kota di Indonesia Timur.

Kegiatan donor darah ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021’ juga diharapkan akan memecahkan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Ada dua kategori rekor MURI yaitu donor darah di Kabupaten/Kota terbanyak dan pemecahan rekor donor darah oleh komunitas terbanyak.

Kolaborasi KITA juga didukung berbagai komunitas besar yang tersebar di berbagai kota di Indonesia Timur.
Kolaborasi KITA juga didukung berbagai komunitas besar yang tersebar di berbagai kota di Indonesia Timur. (Kolaborasi KITA)

Sebelumnya di tahun 2020, Kolaborasi KITA juga telah mendapat penghargaan MURI yaitu Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak dan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) Terbanyak.

Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam program donor darah bertajuk ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri’ yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020.

Tahun ini, kegiatan donor darah Kolaborasi KITA untuk wilayah Makassar sendiri berhasil mengumpulkan 288 kantong darah.

Donor darah tersebut dikumpulkan dari 5 titik yaitu di UTD Kabupaten Maros, UTD Kabupaten Pangkep, UTD Kabupaten Takalar, PMI Kota Makassar, dan UPTD Provinsi Sulawesi Selatan.

Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved