Breaking News:

Tribun Sinjai

Pilkades 54 Desa di Sinjai, Andi Kartini Ottong Minta Panitia Profesional

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 54 desa di Kabupaten Sinjai dijadwalkan digelar Maret 2022 mendatang.

Penulis: Samsul Bahri | Editor: Suryana Anas
Humas Setda Pemkab Sinjai
Wakil Bupati Sinjai Andi Kartini Ottong 

TRIBUNSINJAI.COM, SINJAI UTARA - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 54 desa di Kabupaten Sinjai dijadwalkan digelar Maret 2022 mendatang.

Wakil Bupati Sinjai, Andi Kartini Ottong meminta panitia penyelenggara dari Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) agar bekerja secara profesional.

Hal lain, panitia juga diharapkan dapat mengantisipasi potensi konflik baik sebelum Pilkades Serentak maupun sesudahnya.

Kartini menegaskan agar ada kerjasama yang maksimal dan profesional antara semua unsur yang terlibat dalam kepanitiaan Pilkades.

"Kita ingin panitia agar dapat bekerja profesional dan mengantisipasi potensi konflik nanti," kata Kartini kepada TribunSinjai.Com, Selasa (26/10/2021).

Hal yang terpenting kata politisi Partai Golkar itu bahwa integritas dan independensi seorang penyelenggara harus terjaga.

Berdasarkan undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, yang diberikan kewenangan untuk membentuk panitia di tingkat desa adalah Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

BPD sebagai representasi keterwakilan masyarakat dituntut untuk membentuk dan menetapkan panitia yang memiliki kapasitas mumpuni.

Baik dari segi wawasan maupun dari segi integritas serta mengedepankan kemandirian dan tidak memihak," katanya. (*)

Pilkades Sebelumnya 2 Pendukung Calon Kepala Desa Tewas

Sebelumnya pada Pilkades serentak Sinjai lalu terdapat dua pendukung calon kepala desa di Sinjai tewas.

Satu orang pendukung calon kepala desa asal Era Baru, Kecamatan Tellulimpoe tewas setelah ditebas parang pendukung calon kepala desa lainnya.

Dan satu orang pendukung calon kepala desa Saotanre, Kecamatan Sinjai Tengah ikut tewas. Oknum calon kepala desa lainya menikam pendukung calon kepala desa terpilih hingga tewas.

Selain itu juga terdapat kantor desa dibakar oleh massa seperti kantor desa Sukamaju, Kecamatan Tellulimpoe. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved