Breaking News:

Tribun Wajo

Kuliah Umum di UNM, Bupati Wajo Paparkan Memanfaatkan Potensi Pemuda dalam Pembangunan Daerah

Alumni Pascasarjana UIN Alauddin Makassar itu juga memotivasi kepada para mahasiswa untuk menanamkan mindset kewirausahaan atau enterpreneur.

Ist
Bupati Wajo, Amran Mahmud didaulat memberikan kuliah umum di hadapan mahasiswa dan seluruh civitas akademik Universitas Negeri Makassar (UNM) bertempat di Ballroom Theater Menara Pinisi UNM, Selasa (26/10/2021).  

TRIBUNWAJO.COM, SENGKANG - Bupati Wajo, Amran Mahmud didaulat memberikan kuliah umum di hadapan mahasiswa dan seluruh civitas akademik Universitas Negeri Makassar (UNM) bertempat di Ballroom Theater Menara Pinisi UNM, Selasa (26/10/2021). 

Pada kesempatan itu, Amran Mahmud membawakan kuliah umum berjudul "Memanfaatkan Potensi Pemuda dalam Pembangunan Daerah".

"Ini hanya bentuk sharing dari kami untuk pembinaan kepemudaan, khususnya bagaimana memotivasi pemuda dan mahasiswa untuk terus mengembangkan diri, apalagi tanggal 28 Oktober nanti kita memperingati Hari Sumpah Pemuda, tentu semangat kepemudaan perlu digelorakan kembali," katanya.

Alumni Pascasarjana UIN Alauddin Makassar itu juga memotivasi kepada para mahasiswa untuk menanamkan mindset kewirausahaan atau enterpreneur.

Sebab, dengan semangat entrepreneur, maka akan lebih terbuka kreatifitas untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki.

"Saya sangat mendukung kampus UNM yang sudah mendeklarasikan sebagai kampus enterpreneur. Pemda Wajo siap berkolaborasi karena ini sejalan dengan program kami untuk mencetak sepuluh ribu enterpreneur baru. Kita ingin, agar anak-anak kita nanti setelah lulus bisa lebih inovatif, bukan dengan berharap bekerja di kantoran saja," katanya.

Dihadapan civitas akademika yang hadir, baik secara langsung maupun virtual itu, Amran Mahmud pun berpesan agar para mahasiswa bisa mengenali dirinya dan potensinya.

"Kenalilah potensi daerahmu selekat-lekatnya, tuntutlah ilmu setinggi-tingginya dan pulanglah mengabdi," katanya.

Pada kesempatan itu pula, Pemkab Wajo dan UNM meneken Memorandum of Understanding (MoU) terkait dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Lebih lanjut, Amran Mahmud berharap agar MoU yang akan ditandatangani bersama nantinya bisa segera ditindaklanjuti dengan Perjanjian Kerjasama antara Perangkat Daerah dengan Fakultas terkait dalam rangka menggali potensi Kabupaten Wajo untuk kesejahteraan masyarakat.

"Kabupaten Wajo dikaruniai oleh sumber daya yang melimpah, mulai dari pertanian, perikanan, danau tempe, laut, gas alam dan sebagainya. Saya berharap dengan dukungan dari para ahli dan pemikir dari UNM, kita bisa maksimalkan potensi tersebut," katanya.

Rektor UNM, Husain Syam memuji Amran Mahmud yang seorang doktor yang artinya sudah menyandang gelar tertinggi di bidang akademik atau pendidikan formal.

"Tidak diragukan beliau adalah pelaku yang pada praktek lapangan  membina organisasi kepemudaan dan membina kemasyarakatan tentu beliau sudah dalam rangka memberi peran dalam mengakselerasi pembangunan di Kabupaten Wajo pada khususnya dan Sulawesi Selatan pada umumnya," katanya.

Selain Amran Mahmud, turut juga Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, memberikan kuliah umum di UNM.

"Inilah yang menjadi dasar kita menghadirkan dua tokoh hebat sekaligus kita apresiasi kepada beliau berdua yang meluangkan waktu di tengah padatnya kesibukan untuk hadir langsung memberikan pandangan sekaligus sharing dengan kita semua," katanya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved