Breaking News:

Tribun Wajo

Vaksinasi Belum Capai 40% di Wajo: Camat, Kapolsek, Danramil, Lurah, & Kades Dikumpul di Ruang Pola

Rakor tersebut selain dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Wajo, juga dihadiri camat, kapolsek, danramil

tribun-timur/hardiansyah
Guna mempercepat vaksinasi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Wajo menggelar rapat koordinasi di Ruang Pola Kantor Bupati Wajo, Senin (25/10/2021). 

TRIBUNWAJO.COM, SENGKANG - Guna mempercepat vaksinasi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Wajo menggelar rapat koordinasi di Ruang Pola Kantor Bupati Wajo, Senin (25/10/2021).

Rakor tersebut selain dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Wajo, juga dihadiri camat, kapolsek, danramil, lurah dan kepala desa se-Kabupaten Wajo.

Rakor tersebut digelar pasca Instruksi Mendagri 54/2021 terkait penerapan PPKM di kabupaten/kota. Kabupaten Wajo malah naik setingkat, kini menerapkan PPKM level 3.

Hal itu lantaran capaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama belum mencukupi 40% sebagaimana yang menjadi indikator kenaikan level PPKM.

Data dari Satgas Covid-19 Kabupaten Wajo, dari 300.814 sasaran penerima vaksin, baru 87.109 orang yang menerima vaksin dosis pertama atau 28.96%.

Sementara, untuk dosis kedua baru mencapai 50.476 orang atau 16,78%.

Menurut Bupati Wajo, Amran Mahmud, salah satu penyebab masih minimnya masyarakat untuk vaksin lantaran masih banyaknya disinformasi terkait vaksin di kalangan masyarakat.

"Banyak yang takut vaksin karena adanya isu-isu hoax ditengah-tengah masyarakat. Makanya diharapkan kerjasama semua untuk turun langsung memberikan edukasi kepada masyarakat kalau vaksin itu aman dan halal," katanya.

Dirinya pun berharap, pasca rakor yang digelar, sudah ada strategi dari seluruh pemangku kepentingan untuk meningkatkan angka partisipatif masyarakat untuk vaksin.

"Kita akan segera minta tim ahli satgas penanganan covid-19 Wajo untuk  merumuskan kebijakan untuk mempercepat pencapaian cakupan vaksinasi ini," katanya.

Bahkan, Amran Mahmud mengharapkan dalam kurung waktu sepekan ada upaya mencapai vaksinasi 50 persen.

Pasalnya dalam menghadapi pandemi Covid-19, vaksinasi masyarakat diharapkan meningkatkan tingkat imunitas atau terbentuknya herd imunity.

"Kita berharap keadaan bisa segera pulih, Wajo bisa kembali ke zina hijau dan turun ke PPKM level 1," kata Ketua PMI Wajo itu.

Sejauh ini, kasus Covid-19 di Kabupaten Wajo melandai. Masih ada 1 kasus aktif di Kecamatan Tempe hingga Senin (25/10/2021).

Total kasus Covid-19 di Kabupaten Wajo yakni 1.448 orang. Ada sebanyak 1.377 orang telah dinyatakan sembuh dan 70 orang telah meninggal dunia.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved