Breaking News:

FTI UMI

'Anak' FTI UMI Selamatkan Ketua PII Heru Dewanto di Hadapan Presiden Jokowi

Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia ( PII ), Dr Ir Heru Dewanto ST MSc (Eng) IPU ASEAN Eng kagum sekaligus tak bisa lupa ketika dirinya diselamat

Editor: Edi Sumardi

TRIBUN-TIMUR.COM - Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia ( PII ), Dr Ir Heru Dewanto ST MSc (Eng) IPU ASEAN Eng kagum sekaligus tak bisa lupa ketika dirinya diselamatkan "anak" Fakultas Teknologi Industri, Universitas Muslim Indonesia ( FTI UMI ) di hadapan Presiden RI, Joko Widodo atau Jokowi.

Kata "anak" di sini merujuk pada mahasiswa, istilah yang biasa digunakan di kalangan orang-orang di Sulawesi Selatan ( Sulsel ).

Heru diselamatkan pada saat Presiden Jokowi bersama sejumlah anggota kabinet menghadiri pameran inovasi yang diselenggrakan dalam rangka 37th Conference of ASEAN Federation of Engineering Organization (CAFEO), Rabu (11/10/2019) di Jakarta Internasional Expo, Jakarta.

Kala itu, dua tahun lalu, Heru menyambut kedatangan rombongan Presiden RI dan mengarahkan ke lokasi pameran untuk melihat sejumlah karya inovasi anak bangsa.

Sebetulnya, kata Heru, Jokowi sekaligus penyandang gelar insinyur dari Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada sudah tahu apa saja dipamerkan, sehingga tak ada kejutan atau hal baru.

Namun, ternyata ada satu yang terselip dan itu menjadi peluang bagi Heru untuk "dijual".

Presiden belum tahu sebelumnya, yaitu aplikasi Mining Simulator Virtual Reality karya Giswa Ade Nugraha, alumus Jurusan Teknik Pertambangan, FTI UMI.

Mining Simulator Virtual Reality atau Matry merupakan simulator pertambangan menggunakan teknologi virtual reality.

Heru yang jeli melihat keadaan kemudian mengajak Presiden Jokowi melihat Matry yang dipresentasikan langsung oleh Giswa.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir; Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan; dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar turut menyaksikan presentasi itu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved