Breaking News:

Opini Moch Hasymi Ibrahim

Politik Sulsel Hari Ini: Mungkinkah Nurdin Abdullah Bebas & Era Generasi Tergantikan!

Syahrul Yasin Limpo, Nurdin Halid, Agus Arifin Nu’mang, termasuk bila bisa disebut Ilham Arief Sirajudin,adalah kalangan yang eranya sudah tergantikan

Editor: AS Kambie
dok tribun-Timur/fb
Moch Hasymi Ibrahim (penulis, budayawan Sulsel) 

Politik Sulsel Hari Ini
Oleh Moch Hasymi Ibrahim

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Terbetik kabar bahwa Nurdin Abdullah berkemungkinan besar bebas dari dakwaan di Pengadilan Tipikor.

Kabar ini tentu memberi dampak berupa spekulasi-spekulasi politik yang akan bermuara pada “hidup”-nya kembali kartu politik Gubernur Sulsel non aktif tersebut.

Lantas, mungkinkah Nurdin Abdullah bebas? Lalu ada dampaknya terhadap politik daerah ini dalam dua sampai tiga tahun ke depan?

Politik Sulsel adalah bagian penting dari struktur, kultur dan dinamika politik nasional.

Dari segi strukur, hampir semua partai politik, baik partai papan atas sampai partai-partai baru, memandang daerah ini sebagai wilayah strategis dalam permainan politik kekuasaan.

Mulai dari pileg sampai pilpres, daerah ini adalah daerah yang selalu dipandang penting, bahkan pada beberapa kali pemilu dipandang amat penting untuk diabaikan.

Selain jumlah pemilih yang terbesar di Kawasan Timur Indonesia, Sulsel juga selalu “memasok” tokoh-tokoh penting dalam percaturan nasional, bahkan sampai pada posisi Wakil Presiden untuk dua termin pemerintahan melalui Pak JK.

Dari segi kultur politik, Sulsel merupakan penyumbang penting berbagai pemikiran dan perilaku politik yang khas, baik langsung atau tidak langsung, melalui para tokoh, ilmuan, politisi dan aktivis. Hal ini erat terkait dengan manusia dan budaya Sulsel atau Bugis-Makassar yang jauh berakar di Nusantara dan dalam alam Republik Indonesia.

Dalam banyak hal, Indonesia dan keindonesiaan, termasuk kultur politiknya, sangat diwarnai oleh kehadiran, nilai, perilaku dan elemen budaya lainnya dari Bugis Makassar.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved