Breaking News:

Kesehatan

Inilah 5 Gejala Awal Seseorang Bakal Terserang Gagal Jantung, Patut Diwaspadai

Gagal jantung merupakan kondisi progresif, melemahkan, dan berpotensi mengancam jiwa.

Editor: Muh. Irham
familydoctor.org
Ilustrasi. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Penyakit gagal jantung merupakan salah satu penyakit yang patut diwaspadai karena dapat membahayakan jiwa.

Gagal jantung merupakan kondisi progresif, melemahkan, dan berpotensi mengancam jiwa.

Dilansir Times of India, kondisi tersebut membuat jantung tidak dapat memompa cukup darah untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi tubuh karena melemahnya atau kakunya otot jantung dari waktu ke waktu.

Di India, penyakit gagal jantung mempengaruhi hampir 8 hingga 10 juta orang dan berkontribusi pada sekitar 1,8 juta pasien rawat inap setiap tahun.

Gejala awal gagal jantung mungkin tidak kentara atau bahkan mirip dengan tanda-tanda seseorang berusia tua. Meski demikian, tanda sekecil apapun tidak boleh diabaikan.

Berikut 5 gejala gagal jantung seperti dikutip dari Times of India, Rabu (13/10/2021). Waspadai tanda-tanda jika Anda mulai kelelahan hingga mengalami sesak napas.

1. Kelelahan dan kelemahan konstan

Ketika otot jantung menjadi lemah, jantung tidak dapat memompa cukup darah yang mengakibatkan berkurangnya jumlah oksigen yang beredar di dalam tubuh.

Hal ini dapat membuat seseorang merasa lelah sepanjang waktu. Kondisi tersebt membuat aktivitas sehari-hari, seperti menaiki tangga, berjalan, atau membawa barang belanjaan, menjadi sulit. Kelelahan dan kelemahan yang terus-menerus tidak boleh dianggap enteng.

2. Sesak napas

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved