Breaking News:

Citizen Reporter

Cara Mahasiswa Unhas Jaga Eksistensi Dangke, Keju Lokal Khas Enrekang

Mahasiswa Unhas yang tergabung dalam tim PHP2D KSEI FoSEI melakukan pengabdian masyarakat berbasis inovasi terhadap pangan lokal khas Enrekang

Penulis: CitizenReporter | Editor: Suryana Anas
Citizen Reporter/Sri Ulfa
Mahasiswa Universitas Hasanuddin yang tergabung dalam tim Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) KSEI FoSEI Universitas Hasanuddin melakukan pengabdian masyarakat berbasis inovasi terintegrasi dari hulu ke hilir terhadap pangan lokal khas Kabupaten Enrekang yaitu Dangke. 

Citizen Reporter, Sri Ulfa anggota Tim KSEI FoSEI Unhas melaporkan dari Enrekang

ENREKANG - Mahasiswa Universitas Hasanuddin yang tergabung dalam tim Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) KSEI FoSEI Universitas Hasanuddin melakukan pengabdian masyarakat berbasis inovasi terintegrasi dari hulu ke hilir terhadap pangan lokal khas Kabupaten Enrekang yaitu Dangke.

Ialah Ahmad Amir (Ilmu Ekonomi/2019), Samintang (Akuntansi/2019), Usman (Ilmu Gizi/2019), Fadhilah Isnaeni (Agribisnis/2019),

Sarniati (Manajemen/2019), Fakhiratunnisa Putri Oceani (Ilmu Gizi/2019), Muh. Figri (Peternakan/2018), Zalva Nur Afifah Tamsil (Akuntansi/2018),

Hartawan Ansar (Akuntansi/2018), Abd. Gafur (Akuntansi/2018), Munawwara Ildana (Peternakan/2018), Salman Iskandar (Ilmu Komunikasi 2018), Muh. Alfan Asmari (Ilmu Komunikasi/2019), Sri Ulfa (Manajemen/2019), dan Akbar Waddu (Manajemen/2019).

Mereka berinovasi menuangkan ide tersebut dalam proposal PHP2D 2021 berjudul “Mataran Berdaya: Inovasi dan Diversifikasi Dangke Sebagai Pangan Lokal Unggulan Berbasis Pengembangan Ekonomi Kreatif Hulu-Hilir di Kelurahan Mataran Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang”.

Dengan kerjasama yang baik dan arahan Dosen Pembimbing yaitu Ibu Marini Amalia Mansur, S.Gz., MPH, proposal tim PHP2D KSEI FoSEI Universitas Hasanuddin, lolos seleksi dan meraih dana hibah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemendikbudristedikti) dalam Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa Tahun 2021.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, PHP2D adalah kegiatan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau Lembaga Eksekutif Mahasiswa.

Mahasiswa pelaksana PHP2D ini diharapkan mampu menumbuhkan rasa peduli dan berkontribusi kepada masyarakat di desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera.

Di sisi lain, masyarakat desa diharapkan mampu menemukan dan mengembangkan potensi yang sudah ada untuk diwujudkan menjadi kegiatan nyata atau mengembangkan kegiatan yang telah dirintis masyarakat menjadi lebih berkembang dan bermanfaat sehingga dapat mewujudkan ketahanan nasional di wilayah Republik Indonesia.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved