Breaking News:

Porang

Manfaat Porang untuk Kesehatan, Serta Cara Budidaya Porang

tanaman ini tumbuh dengan batang bercorak belang hijau putih atau tangkai yang tunggal. Tanaman ini hanya bisa tumbuh di bawah pohon penyangga.

Editor: Muh. Irham
TRIBUN-TIMUR.COM/CITIZEN REPORTER
Panglima Divisi Infanteri 2 KOSTRAD Malang, Mayor Jenderal TNI Andi Muhammad dan pengagas Sekolah Porang Sidrap Syaharuddin Alrif diskusi di Sekolah Porang Bendoro Sidrap, beberapa waktu lalu 

TRIBUN-TIMUR.COM - Porang atau dalam nama latinnya Amorphophallus muelleri merupakan tanaman herbal yang bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 1,5 meter. Tanaman ini adalah penghasil umbi yang banyak tumbuh di hutan tropis.

Secara fisiknya, tanaman ini tumbuh dengan batang bercorak belang hijau putih atau tangkai yang tunggal. Tanaman ini hanya bisa tumbuh di bawah pohon penyangga.

Popularitas tanaman ini belakangan meningkat, sehingga harga porang semakin naik dari tahun ke tahun, membuat banyak petani bisa meraup keuntungan yang lebih besar.

Hal ini disebabkan meningkatnya permintaan pasaran. Porang memang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh serta mudah diolah untuk dijadikan bahan pangan dan industri seperti bahan baku pembuatan tepung dan kosmetik.

Manfaat Tanaman Porang

Mengutip dari berbagai sumber, porang memiliki segudang manfaat bagi tubuh yang tersedia karena kandungan di dalamnya. Lantas, apa saja ya kandungan yang terdapat di dalamnya?

Simak manfaat tanaman porang untuk kesehatan berikut ini:

1. Cocok untuk Diet dan Kaya akan Serat

Tanaman porang bisa digunakan untuk bahan tepung alternatif karena kaya akan glukomanan. Saat diolah menjadi makanan, glukomanan ini bisa dijadikan pengental alami.

Untuk itulah, kandungan ini sangat penting dalam industri makanan karena serat alaminya bisa dijadikan pengganti agar-agar, memperlambat pengosongan perut, dan mempercepat rasa kenyang.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved