Breaking News:

Tribun Jeneponto

22 Calon Kepala Desa di Jeneponto Ikut Seleksi Tambahan

Seleksi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021 Kabupaten Jeneponto akan berlangsung November.

Penulis: Muh Rakib | Editor: Hasriyani Latif
TRIBUN-TIMUR.COM/MUH RAKIB
Wakil Bupati Jeneponto, Paris Yasir membuka seleksi tambahan bakal calon kepala desa di ruang pola Panrannuanta Kantor Bupati Jeneponto, Kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Rabu (29/9/2021). 

TRIBUN-TIMUR.COM, JENEPONTO - Sejumlah calon kepala desa di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan mengikuti seleksi tambahan bakal calon desa.

Seleksi tersebut berlangsung di Ruang Pola Panrannuanta Kantor Bupati Jeneponto, Kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu, Jeneponto, Rabu (29/9/2021) siang.

Seleksi calon dibuka oleh Wakil Bupati Jeneponto, Paris Yasir.

Ia mengatakan seleksi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021 Kabupaten Jeneponto akan berlangsung November mendatang.

"Pada Pilkades serentak tahun ini melalui banyak tahapan seleksi yang dilakukan mulai pendaftaran, seleksi administrasi, ujian kesehatan, ujian akademik, wawancara hingga pelaksanaan pemilihan," ujarnya.

Seleksi Pilkades ini hanya diikuti tiga desa.

"Seleksi tambahan tersebut diikuti sebanyak 22 orang dari tiga desa yang dinyatakan melibihi ketentuan jumlah bakal calon," bebernya.

Adapun desa yang dimaksud yakni Desa Bungeng 8 bakal calon, Desa Allu Tarowang 6 bakal calon, dan Desa Kayu Loe barat 8 bakal calon.

Sementara kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Abdul Makmur menjelaskan bahwa Pilkades mengacu pada UU desa.

"Dasar pelaksanaan Pilkades serentak tahun ini berdasarkan UU desa dan peraturan menteri dalam negeri (Permendagri) yang kemudian di tindaklanjuti dengan peraturan daerah (perda) Serta peraturan bupati (Perbub)," ucapnya.

Model soal pada seleksi tambahan ini berupa pilihan ganda.

Ia juga mengucapkan selamat kepada bakal calon kepala desa dan panitia pemilihan karena berbagai tahapan pilkades sejauh ini telah berjalan dengan lancar.

"Semoga pemilihan hingga penetapan dan pelantikan semuanya berlangsung aman, lancar serta sukses," tutupnya.(*)

Laporan Kontributor Tribun Jeneponto, Rakib

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved