Breaking News:

Tribun Gowa

150 Dosen Dari Berbagai Provinsi Bakal Lakukan Pengabdian di Kabupaten Gowa

Ratusan dosen tersebut berasal dari berbagai provinsi, seperti Sulawesi, Jawa, Kalimantan dan Sumatera. 

tribun-timur
Ketua Umum Aliansi Dosen Perguruan Tinggi Swasta Indonesia yang juga dosen di Unismuh Makassar, Dr Buyung Romadhoni melakukan audiens dengan Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni di Ruang Kerja Wakil Bupati Gowa, Selasa (28/9/2021). 

TRIBUN-TIMUR.COM, GOWA - Sebanyak 150 Dosen Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang tergabung dalam Aliansi Dosen Perguruan Tinggi Swasta Indonesia akan melakukan pengabdian di Kabupaten Gowa

Ratusan dosen tersebut berasal dari berbagai provinsi, seperti Sulawesi, Jawa, Kalimantan dan Sumatera. 

Hal itu disampaikan Ketua Umum Aliansi Dosen Perguruan Tinggi Swasta Indonesia yang juga dosen di Unismuh Makassar, Dr Buyung Romadhoni saat melakukan audiens dengan Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni di Ruang Kerja Wakil Bupati Gowa, Selasa (28/9/2021). 

Dia mengatakan, dosen memiliki tugas dalam mensosialisasikan hasil-hasil penelitian kepada masyarakat, sehingga pihaknya bersama dosen lainnya akan melakukan pengabdian dalam bentuk penyuluhan ke masyarakat terkait keilmuan apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat. 

"Kita akan lakukan pengabdian ke masyarakat, dan ini adalah peserta terbanyak dengan melibatkan dosen yang ada di Sulawesi, Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Kami merasa sebagai dosen memiliki kewajiban mensosialisasikan hasil-hasil penelitian kepada masyarakat salah satunya di Gowa ini setelah sebelum dilakukan di Takalar dan Maros," ungkapnya. 

Sebagai langkah awal, pihaknya terlebih dahulu melakukan pemetaan keilmuan dan mengelompokkan dosen atau kelompok yang diturunkan, sehingga lebih tertata dan terarah. 

"Pemerintah Kabupaten Gowa melalui Pak Wabup mengarahkan untuk melakukan pemetaan keilmuan lalu dilanjutkan dengan sosialisasi dan melakukan penyuluhan kemudian tindaklanjutnya dengan MoU jika dibutuhkan dalam jangka panjang oleh masyarakat," jelas Dr Buyung. 

Ia berharap melalui pengabdian ini, ilmu yang dimiliki seluruh dosen bisa diserap masyarakat begitupun sebaliknya masyarakat mampu memanfaatkan ilmu yang diberikan oleh dosen tersebut. 

Menaggapi hal ini, Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni menyambut baik langkah Aliansi Dosen PTS Indonesia. 

Menurut Karaeng Kio sapaan H Abd Rauf Malagani, dengan pengabdian yang dilakukan akan membantu dan memudahkan masyarakatnya. 

"Tentu programnya sangat baik, apalagi kita Pemerintah Kabupaten Gowa memang sedang giat-giatnya melakukan kerjasama dengan pihak kampus untuk membuat desa, kelurahan atau kecamatan binaan, jadi kita harap ini bisa disinkronkan," katanya. 

Olehnya itu ia meminta para dosen yang terkumpul dalam Aliansi Dosen PTS ini untuk berkoordinasi dengan SKPD terkait untuk melihat potensi di lapangan dan bisa menyesuaikan sesuai dengan keilmuan yang dimiliki dosen. 

"Silahkan berkoordinasi dengan SKPD terkait, dan melihat daerah ini dibidang ini dan lainnya agar masyarakat lebih mudah mengerti dan paham," ujar Karaeng Kio. 

Laporan Wartawan Kontributor TribunGowa.com, Sayyid Zulfadli

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved