Breaking News:

BPJS Kesehatan Cabang Makale

Program Donasi JKN-KIS Sangat Membantu Masyarakat di Masa Pandemi

Di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini tentunya sangat memberikan dampaknya kepada seluruh lapisan masyarakat

Editor: Suryana Anas
BPJS Kesehatan Cabang Makale
Rustam, salah satu penerima Donasi JKN-KIS oleh salah satu Dokter Praktik Perorangan (DPP) mitra BPJS Kesehatan Cabang Makale 

TRIBUN-TIMUR.COM, RANTEPAO – Di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini tentunya sangat memberikan dampaknya kepada seluruh lapisan masyarakat, utamanya pada sektor ekonomi dikarenakan pembatasan kegiatan masyarakat yang dilakukan oleh pemerintah guna menekan angka penularan kasus Covid-19

Tak terkecuali yang dirasakan oleh Rustam (33), ia mengakui sangat merasakan dampak dari pandemi Covid-19 ini, penghasilannya jauh berkurang dibandingkan dengan situasi sebelum pandemi.

Sejatinya Rustam berprofesi sebagai buruh bangunan namun terkadang apabila tidak ada yang menggunakan jasanya, ia kerap kali manjadi ojek untuk mendapatkan penghasilan tambahan. 

“Penghasilan saya jauh berkurang apabila dibandingkan sebelum pandemi Covid-19 jadi saya beralih menjadi ojek di Rantepao,” terang Rustam, Selasa (24/08/2021). 

Beruntung ia masih bisa membiayai kehidupannya bahkan bisa sampai memiliki kartu JKN-KIS segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau yang dikenal dengan peserta mandiri.

Ia terdaftar sebagai peserta JKN-KIS rawat inap kelas III, yang mana ia membayar iuran secara mandiri setiap bulannya. 

Rustam merasa beruntung menjadi salah satu penerima Donasi JKN-KIS oleh salah satu Dokter Praktik Perorangan (DPP) mitra BPJS Kesehatan Cabang Makale.

Ia mengakui sebelumnya sudah merasa sangat bersyukur bisa menjadi peserta JKN-KIS. Walaupun hanya kelas III namun ia bisa membayar iuran JKN-KIS sendiri, meski terkadang tidak rutin pembayarannya setiap bulannya. 

“Saya berusaha untuk membayar iuran setiap bulannya walaupun tidak rutin, dikarenakan penghasilan yang saya dapat kurang. Karenanya saya sangat berterima kasih kepada dr. Yain Panggalo atas donasi iuran yang diberikan kepada saya, saya merasa terbantu sekali dengan adanya Program Donasi JKN ini,” ujar Rustam. 

Pada kegiatan penyerahan donasi tersebut, turut hadir pula Kepala BPJS Kesehatan Cabang Makale, Sanny Christian Mangundap.

Ia menerangkan bahwa pemberian donasi JKN ini diperuntukan untuk peserta PBPU Kelas III.

Ia pun mengucapkan terimakasih dan apresiasinya kepada dr. Yain Panggalo, yang telah menjadi donatur untuk membantu pembayaran iuran kelas III peserta BPJS Kesehatan di wilayah Kabupaten Toraja Utara. 

“Saya juga berharap hal serupa dapat diikuti oleh berbagai pihak untuk membantu sesama dan menyukseskan Program JKN-KIS,” tuturnya.
 

 
 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved