Internasional

7 Negara yang Dulu Kaya, Raya Kini Berada di Jurang Kemiskinan karena Salah Urus

Beberapa negara di dunia ini, mengalamai masalah itu. Dulu dikenal sangat kaya raya dan makmur, kini justeru berbanding terbalik.

Editor: Muh. Irham
New York Times
Pulau Nauru 

TRIBUN-TIMUR.COM - Nasib suatu bangsa tidak ada yang tahu. Sebuah negara yang sekarang dianggap kaya raya, bisa jadi di tahun-tahun mendatang, akan jatuh miskin. Demikian pula sebaliknya.

Beberapa negara di dunia ini, mengalamai masalah itu. Dulu dikenal sangat kaya raya dan makmur, kini justeru berbanding terbalik.

Negara-negara yang dulunya kaya raya kini justru menjadi negara miskin bahkan tertinggal.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan suatu negara kaya berubah menjadi negara miskin bahkan harus melakukan kebijakan utang luar negeri.

Seperti dilansir dari kanal YouTube Data Fakta pada Senin, 27 September 2021. Berikut daftar 7 negara yang dulu terkenal kaya raya namun sekarang jatuh miskin:

1. Nauru

Secara geografis, negara ini memiliki jarak 4000 km dari Australia. Di masa lalu, negara Nauru merupakan negara yang membuat seluruh dunia iri.

Hal tersebut dikarenakan Nauru merupakan negara penghasil fosfat atau pupuk alami terbesar di dunia.

Fosfat ini adalah kotoran burung yang sudah mengalami proses selama ribuan tahun.

Pada tahun 1980, perusahaan asing mulai menambang semua persediaan pupuk alami tersebut dan sempat membuat Nauru menjadi negara terkaya di dunia.

Dengan adanya pertambangan tersebut, negara ini memiliki pendapatan perkapita yang tinggi, sehingga masyarakatnya dapat hidup sejahtera.

Hampir semua penduduk Nauru memiliki rumah mewah, mobil Sport, bahkan tak jarang yang memiliki jet pribadi.

Namun, hal tersebut tidak berlangsung lama. Setelah persediaan fosfat habis, kurang dari 30 tahun negara tersebut mengalami kehancuran pada sektor ekonomi.

Dikabarkan pada tahun 2006, negara yang dulu dikenal kaya raya kini harus berutang kepada Australia.

Halaman
1234
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved