Breaking News:

Tribun Maros

VIDEO: Bupati dan Wabup Maros Turun Bersih-bersih Lingkungan

Bupati Maros, Chaidir Syam, bersama wakilnya, Suhartina Bohari, gencarkan aksi bersih-bersih serentak se-Kabupaten Maros

Penulis: Nurul Hidayah | Editor: Suryana Anas

TRIBUNMAROS.COM, MAROS - Peringati World Clean Up Day, Bupati Maros, Chaidir Syam, bersama wakilnya, Suhartina Bohari, gencarkan aksi bersih-bersih serentak se-Kabupaten Maros yang dipusatkan di Kecamatan Maros Baru.

Bersama masyarakat, Chaidir dan Suhartina membersihkan sampah yang berserakan di jalan dan di saluran air.

Chaidir mengatakan World Clean Up Day merupakan momentum untuk memotivasi masyarakat agar menjaga dan membersihkan sekitarnya dari sampah.

"Kita juga sudah keluarkan surat edaran mengenai Jumat bersih, yang akan dilakukan tiap minggu," katanya.

Ia menambahkan, untuk pengelolaan sampah di Maros, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan memotivasi dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang bagaimana memilah sampah.

Perhatian pemerintah saat itu bukan hanya berpusat di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA), tapi berfokus pada produksi sampah yakni di tempat tinggal masyarakat.

"Kita akan adakan bank-bank sampah ditiap desa. Masyarakat harus bisa memilah sampah, mana sampah plastik yang bisa di daur ulang dan mana sampah yang bisa dijadikan pupuk," pungkasnya.

Tak hanya itu, terkait membludaknya sampah di TPA, akan dilakukan penambahan lahan.

"Kita juga akan lakukan pembenahan dan pembebasan lahan untuk TPA. Ada sekitar satu hingga dua hektar yang akan kita bebaskan," ucapnya.

Selain pembenahan TPA, pihaknya juga akan menambah armada pengangkut sampah di tiap kecamatan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved