Breaking News:

Dosen UNM Ajarkan Cara Cegah Cyberbullying di SMPN 4 Satap Bungoro Pangkep

Tim PKM Universitas Negeri Makassar ( UNM ) melakukan edukasi dan sosialisasi perundungan di dunia maya di SMPN 4 Satap Bungoro Pangkep

Penulis: Siti Aminah | Editor: Edi Sumardi
DOK ASRIATI
Tim PKM UNM foto bersama dengan guru dan Kepala SMPN 4 Satap Bungoro saat melakukan edukasi dan sosialisasi perundungan dunia maya serta pelatihan PTK di sekolah tersebut, di Bungoro, Kabupaten Pangkep, Sulsel, Jumat (17/9/2021). 

Laporan jurnalis Tribun-Timur.com, Siti Aminah

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM - Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Negeri Makassar ( UNM ) melakukan edukasi dan sosialisasi perundungan di dunia maya di SMPN 4 Satap Bungoro, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, Jumat (17/9/2021).

Tim ini beranggotakan Muhammad Asriadi SPd MPd dan Asriati SPd MPd yang bermitra dengan dosen PKn Universitas Bosowa, Masni SPd MPd.

Kegiatan diikuti 24 siswa kelas VIII SMPN 4 Satap Bungoro.

Ketua Tim PKM UNM, Asriadi dalam siaran persnya mengatakan, sosialisasi ini didasari oleh aktivitas penggunaan media sosial di era pandemi meningkat drastis.

Sehingga generasi muda perlu diedukasi tentang bahaya yang mengintai dari tindakan perundungan melalui media elektronik tersebut.

“Kami melaksanakan sosialisasi ini untuk siswa SMP Kelas VIII sebab mereka berada pada usia yang mulai mengenal media sosial,” kata Asriadi, Jumat kemarin.

Dosen UNM, Muhammad Asriadi SPd MPd bersama dengan siswa kelas VIII SMPN 4 Satap Bungoro.
Dosen UNM, Muhammad Asriadi SPd MPd bersama dengan siswa kelas VIII SMPN 4 Satap Bungoro. (DOK MUHAMMAD ASRIADI)

Menurutnya, pencegahan perundungan di dunia maya atau cyberbullying dilakukan dengan penguatan karakter.

Asriadi membeberkan, berapa siswa menanyakan apa itu cyberbullying dan perbedaannya dengan tindakan bully (perundungan) pada umumnya. 

"Ada juga siswa yang menanyakan mengenai bagaimana cara pencegahannya dan harus melapor kemana jika itu terjadi," bebernya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved