Breaking News:

Kadin Sulsel-Bank Sulselbar Kompak Bantu UMKM di Masa Pandemi, Ini Penawarannya  

Arfan Tualle mengatakan, Kadin Sulsel punya program khusus di bidang UMKM, utamanya menghadapi pandemi.

Penulis: Muhammad Fadhly Ali | Editor: Saldy Irawan
tribun-timur
Wakil Ketua Umum Bidang Industri Kecil dan Industri Kreatif Kamar Dagang Indonesi (Kadin) Sulsel Arfan Tualle menjadi salah satu narasumber pada UMKM Business Talk di Gedung Centra UMKM pelataran parkir Bank Sulselbar, Rabu (14/9/2021). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Wakil Ketua Umum Bidang Industri Kecil dan Industri Kreatif Kamar Dagang Indonesi (Kadin) Sulsel Arfan Tualle menjadi salah satu narasumber pada UMKM Business Talk di Gedung Centra UMKM pelataran parkir Bank Sulselbar, Rabu (14/9/2021).

Talkshow yang digelar Bank Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar) bersama eNKRI sudah yang ketiga kalinya. Hari ini mengangkat tema 'Sinergitas Menuju UMKM Tumbuh dan Tangguh'.

Arfan Tualle mengatakan, Kadin Sulsel punya program khusus di bidang UMKM, utamanya menghadapi pandemi.

Program kerja itu harus mengutamakan pengusaha lokal.

“Karena yang bisa membuat maju daerah adalah di pengusaha lokal. Sehingga program KADIN dalam masa pandemi ini bagaimana kita menciptakan 14 persen pengusaha di setiap daerah,” katanya.

Namun program utama Kadin Sulsel saat ini, yang tidak terlalu terhempas pademi adalah memanfaatkan industri kecil, misalnya kerajinan.

“Kami punya pilot project di seluruh kabupaten/kota, seperti di Pangkep membuat produk UMKM yang ada kami upayakan 10 persen sistem pemasaran digital. Sekarang baru 6 persen dari120 ribu pelaku UMKM yang masuk ke pemasaran digital,” katanya.

Tak ingin kalah, Pemimpin Cabang Utama Makassar PT Bank Sulselbar Muhammad Daenur Hafsir melihat prospektif perbankan, khususnya Bank Sulsel dan Barat masih sangat bagus.

Bank Sulselbar di semua cabang sudah menggalakkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Alhamdulillah, Bank Sulselbar dipercaya oleh pemerintah dalam penyaluran KUR. Tidak semua bank dapat menyalurkan KUR. Dan, sejauh ini penyaluran kami cukup baik,” katanya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved