Breaking News:

Tribun Makassar

Nasib Stadion Mattoanging, Elite Demokrat: Pemprov Sulsel Terlalu Percaya Diri Merobohkan

Akan tetapi di tengah perjalanan ada dinamika yang membuat perencanaan sedikit berubah.

Penulis: Ari Maryadi | Editor: Saldy Irawan
TRIBUN-TIMUR.COM/MUH ABDIWAN
Wakil Ketua DPRD Sulsel Ni'matullah Rahim Bone jadi narasumber Ngobrol Politik Tribun Timur bertema dari aktivis hingga pimpinan DPRD Sulsel. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- Wakil Ketua DPRD Sulsel Ni'matullah Rahim Bone mengungkapkan perjalanan anggaran pembangunan Stadion Mattoanging Andi Mattalatta di DPRD Sulsel.

Pria yang akrab disapa Ullah itu menilai Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah terlalu percaya diri membongkar Stadion Mattoanging pada 2020 lalu.

Sejatinya Pemprov Sulsel di bawah kepemimpinan Nurdin Abdullah sudah membangun perencanaan matang untuk renovasi stadion kebanggaan PSM Makassar tersebut.

Akan tetapi di tengah perjalanan ada dinamika yang membuat perencanaan sedikit berubah.

"Anggarannya Rp1,1 T. Sudah perencanaan berjalan, desain engineeringnya, sudah jalan bahkan dengan percaya diri Pemprov merobohkan," kata Ullah dalam program Ngobrol Politik Tribun Timur Senin (13/9/2021) sore.

Ullah mengungkapkan pembangunan stadion Mattoanging itu awalnya dikerja samakan dengan PT SMI yang siap memberikan pinjaman uang untuk renovasi stadion.

"Sesungguhnya yang terbesar itu efeknya adalah kita kemarin ada perjanjian, dapat lampu hijau dari PT SMI salah satu BUMN di bawah departemen keuangan beri pinjaman lunak kepada pemerintah daerah. Jadi Pak Gubernur waktu itu mau merehabilitasi stadion Mattoanging," kata Ullah.

Tapi, kata Ullah, jangan lupa tahun 2020 Sulsel punya utang 1,3 triliun tanda tangan bersama dengan PT SMI.

Ternyata sampai bulan Juli 2021 pemerintah provinsi tidak bisa menggunakan secara total, yang bisa digunakan hanya 973 miliar, ada sekitar 400 tidak jadi dipinjam.

Ullah menilai, utang itu syaratnya cukup berat. Misalnya perencanaan selesai baru duit turun setengah. Kalau sudah jalan pertanggungjawaban dilaporkan baru dia beri pelunasan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved