Breaking News:

Citizen Reporter

Tim PKM PNUP Bantu Alat Pelindung Diri K3 ke Pengrajin Pisau Dapur di Moncongloe Maros

Program ini dilaksanakan di bengkel atau workshop salah satu pengrajin pisau dan bilah di Moncongloe yang diketuai oleh Bapak Rusdiansyah Daeng Nyampa

Penulis: CitizenReporter | Editor: Suryana Anas
Citizen Reporter/Dr Arman
Dosen dan mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di bengkel atau workshop salah satu pengrajin pisau dan bilah di Moncongloe, Maros 

Citizen Reporter, Dr. Eng. Arman, S.T., M.T. Dosen Teknik Mesin Politeknik Negeri Ujung pandang melaporkan dari Makassar

Pengrajin pisau dapur di Desa Moncongloe Lappara Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros Sulawesi Selatan bersama dosen dan mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) pada hari Ahad, 12 September 2021. 

Kegiatan ini adalah salah satu program PNUP tahun anggaran 2021. Dosen PNUP yang menjadi fasilitator kegiatan ini diketuai oleh Dr. Eng. Arman S.T. M.T., adapun sebagai anggota adalah Dr. Eng. Abdul Kadir Muhammad S.T., M.Eng, dan Mohammad Adnan, S.T., M.T. Ada 2 orang orang mahasiswa PNUP dari Jurusan Teknik Mesin turut mendampingi para peserta selama kegiatan berlangsung. 

Program ini dilaksanakan di bengkel atau workshop salah satu pengrajin pisau dan bilah di Moncongloe yang diketuai oleh Bapak Rusdiansyah Daeng Nyampa.

Workshop terserbut diberi nama Moncongloe Blacksmith tepatnya berada di Jl. Ayahanda Syekh Yusuf Moncongloe Lappara. 

Tim PKM PNUP sebelum melaksanakan kegiatan terlebih dahulu melakukan wawancara dengan Daeng Nyampa untuk mengetahui permasalahan apa yang selama ini dihadapi selama menggeluti pekerjaan tersebut.

Dari hasil wawancara didapatkan, bahwa ada tiga yang menjadi tantangan selama ini yaitu, pertama, masih membutuhkan beberapa tools (peralatan) kerja bangku untuk memudahkan pengasahan bilah, golok, atau pisau dapur, kedua kelengkapan alat pelindung diri Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), dan ketiga pelatihan melakukan pencatatan laporan keuangan sederhana.

Dari permasalahan dan tantangan tersebut Tim PKM PNUP selanjutnya terjun langsung memberikan peralatan berupa bor duduk, table saw, peralatan gerinda, amplas, majun yang akan digunakan untuk membantu dalam menyelesaikan pengerjaan asah bilah bilah, golok, atau pisau dapur.

Selanjutnya pelindung diri K3 yang diserahkan adalah kacamata safety, sarung tangan, masker, baju atau rompi las, alat pelindung telinga, dan alat pemadam kebakaran.

Selanjutnya penyuluhan berupa manajemen sederhana untuk membuat usaha kecil pengrajin pisau ini bisa menjadi lebih baik lagi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved