Breaking News:

Tribun Makassar

Balai Harta Peninggalan Ambil Sumpah Perwalian untuk Anak Usia 10 Tahun

Bidang tugas BHP adalah mewakili dan melindungi orang/badan yang karena hukum dan atau penetapan pengadilan tidak dapat menjalankan

Editor: Imam Wahyudi
Balai Harta Peninggalan Ambil Sumpah Perwalian untuk Anak Usia 10 Tahun
BHP Makassar
Tim Balai Harta Peninggalan (BHP) Makassar Kemenkumham Sulsel menggelar penyumpahan perwalian anak di bawah umur di aula BHP Makassar pada 6 September 2021.

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Tim Balai Harta Peninggalan (BHP) Makassar Kemenkumham Sulsel menggelar penyumpahan perwalian anak di bawah umur di aula BHP Makassar pada 6 September 2021.

Tim BHP yang melakukan agenda penyumpahan ini terdiri dari Hasis Marollah,S.Sos.M.H. (Anggota Teknis Hukum), Andi Azwad Anshari R(Staff Seksi Wilayah III) dan Hardianti, S.H ( Staff Seksi Wilayah III).

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut penetapan Pengadilan Negeri Makassar Nomor 123/Pdt.P/2021/PN.Mks mengenai perwalian oleh terhadap Nur Syamsi Mustafa sebagai wali anak dibawah umur berinisial MM (10 tahun). 

BHP selanjutnya memiliki tugas dan peran sebagai Wali Pengawas berdasarkan Pasal 366 KUH Perdata yaitu “Dalam tiap-tiap perwalian yang diperintahkan di Indonesia, Balai Harta Peninggalan berwajib melakukan tugas wali pengawas.”

Dalam penghadapan tersebut, Hasis Marollah menjelaskan tugas negara memberi perlindungan hukum dan HAM bagi masyarakatnya melalui BHP. 

Bidang tugas BHP adalah mewakili dan melindungi orang/badan yang karena hukum dan atau penetapan pengadilan tidak dapat menjalankan kepentingannya.

Hasis juga memberikan penjelasan perihal penetapan yang dimohonkan wali. 

Setelah penjelasan tersebut, tim membuat berita acara penjelasan mengenai perwalian, penghadapan, pencatatan harta anak dibawah umur, dan sumpah wali.

Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved