Breaking News:

Jokowi Kunjungi Wajo

Jokowi Resmikan Bendungan Paselloreng Wajo, Suplai Air Petani Hingga 8.510 Hektar

Presiden RI, Joko Widodo meresmikan Bendungan Paselloreng di Kecamatan Gilireng, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Kamis (9/9/2021).

Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan | Editor: Sudirman
Biro Pers Kepresidenan
Presiden RI, Joko Widodo, meresmikan Bendungan Paselloreng, di Kecamatan Gilireng, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Kamis (9/9/2021) 

TRIBUNWAJO.COM, GILIRENG - Presiden RI, Joko Widodo meresmikan Bendungan Paselloreng di Kecamatan Gilireng, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Kamis (9/9/2021).

Peresmian berlangsung singkat, mulai dari Jokowi memberikan sambutan lalu menekan tuas pintu air dan menandatangani prasasti.

"Hari ini sudah selesai dan sudah siap difungsikan," kata Jokowi.

Bendungan Paselloreng mulai dibangun sejak 2015 silam, dikerjakan oleh PT Wijaya Karya dan PT Bumi Karsa dengan menelan anggaran APBN sebesar Rp 793 M.

Pada peresmian itu, Jokowi sangat menekankan ketahanan pangan nasional.

"(Bendungan Paselloreng) sudah dilengkapi dengan bendung irigasi Gilireng yang akan sangat bermanfaat mendukung Sulsel sebagai lumbung pangan nasional," katanya.

Dengan diresmikannya bendungan terbesar di kawasan Indonesia bagian timur itu, suplai air untuk petani akan terairi sekitar 8.510 ha.

"Kita tahu ketahanan pangan itu butuh suplai air dan air itu akan ada kalau kita punya banyak-banyak bendungan sehingga bisa menyuplai air secara kontiniu dan berkelanjutan," katanya.

Dengan suplai air yang besar bisa meningkatkan frekuensi tanam petani.

"Mungkin satu, bisa tiga atau dua," sebut mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved