Breaking News:

Khazanah Islam

Lafaz dan Terjemahan Doa Sebelum Tidur

Dalam Islam, berdoa adalah salah satu hal yang sangat dianjurkan.  Berdoa sangat dianjurkan sebelum memulai sebuah kegiatan.

Editor: Muh. Irham
int
Ilustrasi Berdoa 

TRIBUN-TIMUR.COM - Doa menjadi penghubung antara hamba dengan Tuhannya. Dengan berdoa, orang akan merasa tenang karena telah melakukan salah satu usaha agar cita-citanya tercapai.

Dalam Islam, berdoa adalah salah satu hal yang sangat dianjurkan.  Berdoa sangat dianjurkan sebelum memulai sebuah kegiatan.

Hal ini agar kegiatan yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar, damai, sekaligus dilindungi oleh Allah SWT.

Dikutip dari buku Ensiklopedi Hukum Islam karya Abdul Aziz Dahlan, doa dapat diartikan sebagai permohonan dan permintaan dari seorang hamba kepada Tuhan dengan menggunakan lafaz yang dikehendaki dan dengan memenuhi ketentuan yang ditetapkan.

Berdoa tidak hanya dilakukan saat kita menginginkan sesuatu, namun sebaiknya dipanjatkan juga ketika sedang melakukan hal sekecil apapun. Salah satunya adalah membaca doa sebelum dan setelah tidur.

Dengan demikian, kita meminta perlindungan kepada Allah agar diberikan tidur yang nyenyak, sekaligus mensyukuri nikmat tidur yang sudah diberikan Allah kepada hambanya.

Selain itu, membaca doa sebelum dan sesudah tidur adalah salah satu kebiasaan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW.

Oleh karena itu, sebagai umatnya sudah seharusnya bagi kita untuk membiasakan diri membaca doa sebelum dan sesudah tidur.

 
Bacaan Doa Sebelum Tidur

Sebelum tidur, hendaknya untuk mengucapkan bacaan doa sebelum tidur berikut ini.

 
بِسْمِكَ االلّٰهُمَّ اَحْيَا وَبِاسْمِكَ اَمُوْتُ
Bismikallaahuma ahyaa wa bismika amuutu

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved