Breaking News:

Tribun Sulsel

Belanja Daerah Turun Rp1,28 T, Pemprov Sulsel Alokasikan Anggaran Pembangunan Stadion Mattoanging

"Rencana penerimaan Pendapatan Daerah ini secara kumulatif mengalami penyesuaian dari yang direncanakan sebelumnya," katanya.

Penulis: Muhammad Fadhly Ali | Editor: Saldy Irawan
tribun-timur
Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menghadiri Rapat Paripurna penyampaian nota keuangan pada Rancangan Perda Pemprov Sulsel tentang APBD Perubahan Tahun Anggaran 2021 di Gedung DPRD Sulsel Jl Urip Sumoharjo Makassar, Rabu (8/9/2021). 

 
TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menghadiri Rapat Paripurna penyampaian nota keuangan pada Rancangan Perda Pemprov Sulsel tentang APBD Perubahan Tahun Anggaran 2021 di Gedung DPRD Sulsel Jl Urip Sumoharjo Makassar, Rabu (8/9/2021).

Hadir sebagai Pimpinan Sidang, Wakil Ketua DPRD Sulsel Syaharuddin Alrif.

Dalam sambutannya, Plt Gubernur Andi Sudirman mengatakan, mengacu pada kesepakatan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara(KUA-PPAS) Perubahan APBD yang telah ditandatangani bersama, pada rancangan APBD Perubahan Tahun Anggaran 2021 ini, Pendapatan Daerah ditargetkan Rp10,4 triliun lebih. 

"Rencana penerimaan Pendapatan Daerah ini secara kumulatif mengalami penyesuaian dari yang direncanakan sebelumnya," katanya.

"Hal ini disebabkan ekspektasi dan optimisme kita pada penyusunan APBD Pokok yang lalu terkait penanganan dan dampak pandemi Covid-19 pada 2021 ini, ternyata belum sesuai dengan yang diharapkan, karena kasus terkonfirmasi positif masih fluktuatif hingga triwulan III yang sementara berjalan ini," jelasnya.

Pada sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD), lanjut Andi Sudirman, kondisi perekonomian dan berbagai pembatasan aktifitas masyarakat berpengaruh terhadap penerimaan Pajak dan Retribusi Daerah.

"Walaupun telah mengalami peningkatan cukup besar dibanding 2020 yang lalu," ujar lelaki kelahiran Bone itu.

Di sisi lain, lanjut dia, pada rencana penerimaan Pendapatan Transfer dari Pemerintah Pusat juga terkoreksi dan mengalami penurunan yang ditujukan untuk penanganan pandemi dan dampak ekonomi yang ditimbulkan.

Adanya beberapa kondisi dan kebijakan tersebut mengakibatkan rencana Pendapatan Daerah pada Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021 diusulkan Rp10,4 triliun lebih.

"Terkoreksi sebesar Rp371 miliar lebih atau 3,44 persen dari target Pendapatan pada APBD Pokok Tahun 2021," ujar Andalan sapaannya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved