Breaking News:

Tribun Wajo

Dua Hari Jelang Kedatangan Jokowi, BPN Wajo Bayar Ganti Rugi 38 Bidang Lahan Bendungan Paselloreng

Pembayaran ganti rugi lahan Bendungan Paselloreng di Kecamatan Gilireng, Kabupaten Wajo, terus digenjot jelang kedatangan Jokowi, Kamis (9/9/2021).

Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan | Editor: Sudirman
TRIBUN-TIMUR.COM/HARDIANSYAH
Proses pembayaran ganti rugi lahan Bendungan Paselloreng, di aula Kantor Camat Gilireng, Kabupaten Wajo, Selasa (7/9/2021) 

TRIBUNWAJO.COM, GILIRENG - Pembayaran ganti rugi lahan Bendungan Paselloreng di Kecamatan Gilireng, Kabupaten Wajo, terus digenjot jelang kedatangan Jokowi, Kamis (9/9/2021).

Terbaru, ada 25 bidang dan 13 bidang tegakan yang baru saja dibayarkan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Wajo kepada masyarakat, Selasa (7/9/2021).

"(Tadi) pembayaran ganti rugi tanah dan tanaman 25 bidang dan 13 bidang tegakan pembangunan Bendungan Paselloreng," kata Kepala BPN Kabupaten Wajo, Syamsuddin.

Setidaknya, ada 26 orang pemilik lahan yang telah dibayarkan ganti rugi lahannya yang terdampak pembangunan Bendungan Paselloreng yang dimulai sejak 2015 lalu.

"Setiap bidang, macam-macam luasnya," sambung Syamsuddin.

Pembayaran ganti rugi lahan itu langsung masuk ke rekening para pemilik lahan, yang berada di Desa Arajang dan Desa Paselloreng.

Pada pembayaran ganti rugi lahan yang dilakukan H-2 jelang Bendungan Paselloreng diresmikan Joko Widodo, sebanyak Rp 19,98 miliar anggaran telah tersalurkan.

Masih tersisa setidaknya 311 bidang non kawasan hutan dan eks kawasan hutan, serta 120 bidang tegakan yang belum terbayarkan ganti ruginya.

Persoalan ganti rugi tanah warga yang terdampak pembangunan bendungan terbesar di kawasan Indonesia Timur itu juga sebagian masih diverifikasi di Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN).

Ada yang masih dalam proses tahapan kelengkapan berkas, validasi kelengkapan berkas, proses pelepasan TKD dan tanah wakaf, hingga beberapa berkas yang belum memenuhi syarat.

Halaman
123
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved